133 Mayat Migran Terdampar di Pantai Libya

0 55


mayat-migranZUWARA, mudlimdaily.net – Sekitar 133 mayat migran terdampar di pantai kota sebelah barat Libya, Zuwara dalam beberapa bulan terakhir. Mereka mengatakan tiga perempat di antaranya perempuan dan lima anak-anak, seperti yang dilaporkan Organisasi Bulan Sabit Merah pada Ahad (5/6) kemarin.

Sajauh ini, banyak dari warga Negara-negara konflik dan miskin baik dari Afrika atau Timur Tengah memilih mengarungi lautan menuju Eropa demi mendapatkan jaminan hidup yang mereka anggap lebih baik.

Sementara itu, seperti yang dilansir Reuters, Senin (5/6) juru bicara Bulan Sabit Merah Al-Khamis al-Bosaifi mengatakan tak ada dokumen yang ditemukan bersama mayat-mayat tersebut. Kondisi sebagian besar mayat juga sudah membusuk, namun diperkirakan mereka berasal dari sub-Sahara Afrika.

Seorang pejabat keamanan setempat mengatakan para minggran sepertinya berangkat dari kota Sabratha. Dari sana pekan lalu, terdapat lonjakan keberangkatan perahu yang menyebabkan kematian ratusan migran.

Para migran ini berharap dapat mencapai pantai Italia dan Libya dengan membayar ratusan dolar pada para pelaku perdagangan manusia. Padahal penyeberangan ini jauh lebih berbahaya dibanding penyeberangan antara Turki dan Yunani.

Sepanjang tahun ini lebih dari 40 ribu migran telah tiba di Italia setelah mengarungi Laut Mediterania. Lebih dari 2.000 orang telah meninggal saat melakukan perjalanan menyeberang tersebut.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "133 Mayat Migran Terdampar di Pantai Libya"