872 Warga Sipil Suriah Tewas pada Bulan Mei

0 24


thumbs_b_c_ce89276dc4e7cb9854c1f38f3431cc5bSURIAH, muslimdaily.net –  Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia (The Syrian Network for Human Rights-SNHR) pada hari Rabu (01/06/2016) melaporkan bahwa total 872 warga sipil telah tewas bulan lalu dalam peperangan yang sedang berlangsung di Suriah, lansir Anadolu Agency, Kamis (02/06/2016).

Dalam laporan bulanannya, LSM berbasis di UK tersebut mencatat bahwa sepertiga penuh dari mereka yang tewas adalah perempuan atau anak-anak.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa 57 persen dari korban – 498 orang – telah tewas dalam serangan yang dilakukan oleh rezim Nushariyah Suriah Assad dan para pendukungnya, termasuk 73 perempuan dan 89 anak-anak.

Dari jumlah tersebut, 46 meninggal akibat penyiksaan oleh militer Assad, menurut laporan tersebut.

Laporan SNHR juga menemukan bahwa 49 warga sipil Suriah, termasuk enam wanita dan 15 anak-anak, tewas dalam serangan yang dilakukan oleh jet tempur Rusia.

Selama periode yang sama, enam warga sipil, termasuk seorang anak, tewas oleh milisi komunis PYD – afiliasi Suriah teroris PKK – sementara 178 orang lain – termasuk 38 perempuan dan 21 anak-anak – tewas dalam serangan yang dilakukan oleh kelompok Islamic State (IS), laporan itu menegaskan.

Lima warga sipil, menurut laporan tersebut, tewas dalam serangan  Jabhah Nusrah.

Selanjutnya 91 warga sipil, termasuk 31 perempuan dan 19 anak-anak, tewas dalam serangan oleh kelompok oposisi bersenjata Suriah, LSM mengatakan, sementara 15 orang lainnya, termasuk tiga wanita dan delapan anak, tewas dalam serangan oleh koalisi internasional.

SNHR melanjutkan pernyataan dalam laporannya bahwa 30 warga sipil lain, termasuk empat wanita dan dua anak, telah tewas dalam berbagai serangan bom yang dilakukan oleh penyerang tak dikenal.

Suriah telah terkunci dalam perang  global sejak awal 2011, ketika rezim Syiah Bashar al-Assad menumpas pengunjuk rasa dengan keganasan militer yang tak terduga dan tidak proporsional.

Sejak itu, lebih dari 360.000 orang telah tewas selama konflik lima tahun dan lebih dari 10 juta lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka, menurut PBB.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "872 Warga Sipil Suriah Tewas pada Bulan Mei"