'Ajari Anak Baca Alquran Sejak Usia 4 Tahun'

0 52


MPR

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Ketua MPR Zulkifli Hasan menceritakan sedikit tentang masa kecilnya kepada para pelajar Pesantren Albidayah di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (18/6). Ia bercerita soal cara pengajaran orang tuanya di masa kecil.

Ketika masih berusia 4 tahun, Zulkifli sudah diajari baca Alquran oleh ibunya. "Kemudian saya bisa khatam baca Alquran. Dan usia 6 tahun, di SD (Sekolah Dasar), saya sudah bisa ngajari teman baca Alquran," kata dia di hadapan para santri Pesantren Albidayah.

Menurut Zulkifli, agar seorang anak itu cerdas di waktu besar, para orang tua harus sudah mengajarkan putra-putrinya bagaimana cara membaca Alquran. "Ajari baca Alquran kepada putra-putri kita sejak usia 4 tahun. Insya Allah cerdas," kata dia.

Jika itu dilakukan, lanjut Zulkifli, anak tersebut akan menjadi pintar, dan lidahnya lancar sehingga pandai berkomunikasi, serta mulia akhlaknya. "Ngomongnya lancar, otaknya cerdas, besarnya pintar. Kalau bagi rapor, juara umum," ujar dia.

Karena itu, Zulkifli meminta kepada seluruh orang tua untuk mengajarkan anak cara membaca Alquran sejak dini. "Ajari baca Alquran sejak dini. Itu namanya Pancasila," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta agar seluruh pelajar yang bersekolah di madrasah untuk tidak merasa minder dengan pelajar yang menempuh pendidikan di sekolah umum. Bagi dia, pelajar dari madrasah mampu mencapai kesuksesan seperti anak sekolah umum lainnya.

Banyak lulusan madrasah yang sukses di pemerintahan. Ia mencontohkan Mantan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Syarif Hasan dan Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Kedua mantan menteri ini, lanjut dia, adalah lulusan madrasah aliyah yang sukses. "Jadi tidak usah minder," ucap dia.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "'Ajari Anak Baca Alquran Sejak Usia 4 Tahun'"