Baznas Sukabumi Targetkan Penerimaan Zakat Fitrah Rp 4,2 Miliar


Republika/ Yasin Habibi

Baznas

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi menargetkan pengumpulan zakat fitrah pada 2016 ini mencapai Rp 4 miliar. Upaya ini diharapkan dapat tercapai dengan mengoptimalkan petugas unit pengumpul zakat (UPZ) dewan kemakmuran masjid (DKM) atau rukun warga.

"Tahun ini targetnya setengah dari jumlah penduduk yang beragama Islam membayar zakat fitrah melalui Baznas," ujar Wakil Ketua III Baznas Kota Sukabumi Muh Kusoy kepada Republika.co.id Selasa (21/6).

Jumlah penduduk di Kota Sukabumi diperkirakan mencapai 300 ribu dan setengahnya atau 150 ribu warga diharapkan membayar zakat fitrah melalui Baznas. Menurut Kusoy, target pengumpulan zakat fitrah lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2015 lalu warga yang membayar zakat fitrah melalui Baznas mencapai sekitar 100 ribu orang.

Kusoy menerangkan, besaran zakat fitrah pada 1437 Hijriyah ditetapkan sebesar Rp 28 ribu dan ditambah infaq Rp 2.000. Hal ini didasarkan pada Keputusan Baznas Kota Sukabumi Nomor 37/Baznas.Kosi/V/2016 tentang Besaran Rupiah Zakat Fitrah.

Pengumpulan zakat fitrah ini ungkap Kusoy dengan melibatkan unit pengumpul zakat (UPZ) dewan kemakmuran masjid jami (DKM) atau rukun warga (RW) sebanyak 355 unit. Ratusan UPZ DKM ini tersebar di tujuh kecamatan.

Nantinya, setiap kecamatan dan kelurahan terdapat satu koordinator dalam pengumpulan zakat. Selain itu kata Kusoy, UPZ lainnya yang turut serta dalam pengumpulan zakat fitrah yakni UPZ dinas atau instansi pemerintahan dan sekolah di Kota Sukabumi.

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "Baznas Sukabumi Targetkan Penerimaan Zakat Fitrah Rp 4,2 Miliar"