Bersiap-siap, Indonesia Akan Diserbu Investor Asal Iran

0 44


iran-indonesiaJAKARTA,  muslimdaily.net – Kerjasama antara Indonesia dan Republik Iran semakin erat. Negara Syiah terbesar di Timur Tengah itu berencana berinvestasi secara besar-besaran di Indonesia.

Tak hanya dari pemerintahnya saja, beberapa perusahaan yang dikelola pihak swasta juga telah menyatakan kesiapannya untuk berinves secara besar di Indonesia.

Seperti yang dilansir Antara, Kamis (19/5) dua bank asal Iran telah menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di Indonesia.

“Telah ada dua bank dari Iran yang ingin melakukan investasi di sektor perbankan Indonesia, mereka adalah Bank Saman dan Bank Parsian,” ujar Menteri Perekonomian dan Keuangan Iran Ali Taiebnia di Jakarta, Rabu (19/5).

Terkait dengan ketertarikan bank Iran ini, pada Kamis (19/5), Ali Taiebnia direncanakan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, dan hubungan perbankan kedua negara tersebut akan menjadi salah satu agenda pembahasan.

“Selama ini proses komunikasi yang begitu erat telah dilakukan terkait sistem perbankan ini, di mana titik awalnya adalah mengadakan hubungan koresponden perbankan antara Indonesia dan Iran. Kami ingin dan sangat berharap sistem perbankan kedua negara dapat bekerja sama,” katanya.

Sementara dari pihak sawasta, Taiebnia menyatakan bahwa beberapa pihak swasta negaranya tertarik untuk menanmkan modalnya di Indonesia. Lebih dari itu ia juga akan terus mendorong berbagai prusahaan untuk bersedia berinfestasi di Negara yang dianggapnya sangat strategis ini.

Dia mengatakan pihaknya tertarik untuk berinvestasi di berbagai sektor di Indonesia antara lain pembangunan kilang minyak, sektor pariwisata, infranstruktur yang memiliki daya tarik bagi investor dari Iran. Dia menekankan untuk menyediakan wadah agar pihak swasta di kedua negara dapat berinteraksi. Dengan demikian, diskusi yang lebih serius dapat terjalin untuk meningkatkan perekonomian kedua negara sehingga mendorong kesejahteraan masing-masing negara.

Dia mengatakan peran swasta dangat penting dalam meningkatkan perdagangan antar kedua negara.

kilang-minyak-iran-_120121015923-666“Tentu saja perdagangan kedua negara lebih perlu ditindaklanjuti sektor swasta. Tugas dari kami dan pemerintah Indonesia adalah mempersiapkan sebuah wadah untuk memperkenalkan kemampuan kedua negara kepada sektor swasta karena mereka yang memegang peran inti,” ujarnya.

Melalui wadah diskusi itu, maka masing-masing negara dapat menampilkan potensi atau daya tarik untuk pihak swasta berinvestasi. “Wadah ini dipersiapkan untuk meningkatkan interaksi sektor swasta dan merupakan tanggung jawab pemerintah,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan Indonesia akan membuka kembali hubungan perbankan dengan Iran pada Maret lalu, yang disampaikan usai mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di sela KTT Luar biasa OKI, pada 3 Maret 2016.

 

 

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Bersiap-siap, Indonesia Akan Diserbu Investor Asal Iran"