Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara Mampir di Pandeglang

0 26


RZ

Rumah Zakat (RZ) cabang Bekasi menyalurkan bantuan logistik untuk warga Kampung Baru di Desa Waringin Jaya dan Desa Cigeulis, Kec. Cigeulis, Pandeglang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Rumah Zakat (RZ) cabang Bekasi menyalurkan bantuan logistik untuk warga Kampung Baru di Desa Waringin Jaya dan Desa Cigeulis, Kec. Cigeulis, Pandeglang, Banten dalam Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara. Kegiatan ini merupakan sebuah program relawan RZ yang dirancang untuk mengunjungi dan membuat beragam kegiatan di daerah-daerah yang jarang dikunjungi.

Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara merupakan hasil kerja sama antara RZ dengan Komite Relawan Nusantara (KRN), Cita Sehat Fondation (CSF) dan Mandiri Daya Insani (MDI). “Adapun bantuan yang kami bawa berupa 100 kaleng kornet Superqurban, 6 dus pakaian layak pakai, 50 pcs jilbab, 26 pcs Mukena, 7 pcs sejadah, 20 pcs buku bacaan, 50 buah buku pelajaran, 4 buah Alquran, 6 buah Iqra’, 36 stel baju gamis anak, 4 pcs kemeja koko, dan 80 paket PMT,” ujar Ningsih, Relawan RZ, Senin (16/5).

Dalam kunjungan relawan RZ ke 2 desa tersebut terdapat sebuah Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berdiri sejak tahun 2011 dengan kondisi yang memprihatinkan. Dengan 101 anak yang belajar di sekolah tersebut, sekolah ini hanya memiliki 5 ruangan sederhana terbuat dari bambu. Sekolah ini hanya ditempati kelas 1 sampai kelas 5 saja, dan belum tersedia ruangan untuk kelas 6.

Selain menyalurkan bantuan logistik, dilakukan juga kegiatan Penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), cuci tangan, serta permainan edukasi. “Malamnya, relawan dibagi menjadi 2 tim, yakni tim pertama nonton bareng bersama anak-anak dan tim kedua melakukan penyuluhan PHBS dan Cek kesehatan untuk ibu-ibu pengajian,” ujar Ningsih.

Namun, hal tersebut tidak hanya berhenti sampai di situ saja tantangannya. Menurut Ningsih, hal yang menjadi tantangan ialah sikap warga yang masih kurang memperhatikan pendidikan. “Setelah lulus MI atau SD, para orang tua lebih menginginkan anak-anaknya dapat membantu di sawah atau ladang,” ujarnya.

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara Mampir di Pandeglang"