Erdogan Perintahkan PM Barunya Segera Bentuk Rencana Kerja


Ben Ali Yildirim-ErdoganANKARA, – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengintruksikan kepada mantan Menteri Perhubungan Ben Ali Yildirim guna membentuk pemerintah baru, menyusul pengunduran diri Perdana Mentri Turki sebelumnya, Ahmet Davutoglu.

Erdogan melantik Yildirim pada Mingu kemarin dan segera memerintahkan kepada PM barunya itu untuk segera membentuk rencana kerja baru bagi Turki kedepan.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Presiden, Erdogan mengucapkan terima kasih kepada Davutoglu untuk layanan yang disediakan oleh pemerintahnya selama ini. Sebelumnya ia juga telah meminta kepada Davutoglu untuk melanjutkan pekerjaannya sebagai perdana menteri sampai pembentukan pemerintah Turki yang baru.

Sementara itu, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) memilih pada hari sebelumnya Ben Ali Yildirim sebagai presiden baru partai itu menggantikan Davutoglu, yang mengundurkan diri dari pemerintahan dan partai. Perlu dicatat bahwa aturan prosedur yang berkuasa dalam partai Keadilan dan Pembangunan akan mengambil pemimpin partai sebagai perdana menteri.

Dalam perjanjian yang diikrarkan oleh pemimpin partai dan PM baru itu, Yildirim mengatakan bahwa ia akan bertanggung jawab dan tidak akan mengkhianati pemerintahan Turki.

“Aku tidak akan membiarkan jatuhnya bendera suci  yang mereka memilihan saya sebagai Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan.” Ujarnya.

“Erdogan mencintai orang-orang Turki dan peduli tentang masalah dan keprihatinan, sehingga hal yang paling penting yang harus kita lakukan saat ini adalah diberlakukannya praktek ini dengan menyusun konstitusi baru, sistem presidensial berbasis Dasar-.”  Tambahnya.

Di sisi lain, Yildirim menekankan bahwa perang melawan “terorisme” akan berlanjut, dan menyerukan  Uni Eropa untuk memperjelas posisinya dalam masalah imigrasi.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Erdogan Perintahkan PM Barunya Segera Bentuk Rencana Kerja"