Irak Mulai Lakukan Operasi Militer untuk Rebut Kembali Anbar


iraq11_1IRAK, muslimdaily.net – Pasukan Irak dan para tentara sekutu mulai melancarkan operasi militer pada hari Senin untuk merebut kembali kota Rutba dari kelompok IS (Islamic State), kata militer, lansir World Bulletin, Senin (16/05/2016).

Pasukan khusus, tentara, polisi, penjaga perbatasan dan paramiliter pro-Irak terlibat dalam operasi untuk merebut kembali kota di provinsi Anbar tersebut, Komando Operasi Gabungan Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Tank dan artileri ikut ambil bagian dalam operasi, yang juga didukung oleh pesawat dari pasukan Irak dan koalisi untuk menyerang IS, katanya.

Rutba, yang terletak di provinsi Anbar barat sepanjang jalan utama ke Yordania, telah dikuasai oleh kelompok IS sejak 2014.

IS menyerbu sejumlah daerah di utara dan barat Baghdad pada bulan Juni tahun itu, dan kemudian mengusai Anbar, merebut ibukota Ramadi pada tahun 2015.

Pasukan Irak sejak itu secara signifikan telah merebut kembali sejumlah wilayah dari IS, mengamankan daerah Ramadi awal tahun ini dan merebut kembali kota Heet bulan lalu.

Tapi sebagian wilayah Anbar – termasuk kota kedua Fallujah – masih di bawah kontrol IS, seperti juga sebagian besar provinsi Nineveh, ke utara.

Dan IS masih melakukan pemboman di daerah yang dikuasai Irak – seperti yang mereka lakukan lebih sering sebelum serangan Juni 2014.

Saat ini IS terus kehilangan banyak wilayah, dalam beberapa pekan terakhir mereka meningkatkan serangan pemboman, termasuk tiga pemboman di hari yang sama di Baghdad yang menewaskan hampir 100 orang.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Irak Mulai Lakukan Operasi Militer untuk Rebut Kembali Anbar"