IZI Kerja Sama dengan Hasene Bagikan Sembako untuk Muslim Papua


Republika/ Musiron

Direktur Utama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Wildhan Dewayana (kiri) didampingi General Manager Cecep Muh.Ismail (tengah) dan Direktur Edukasi & Kemitraan Zakat Rully Barlian Thamrin (kanan) berbicara saat bersilaturahim ke harian Republika di Jakarta, R

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga zakat nasional Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bekerjasama dengan Hasene Jerman memberikan bantuan sembako untuk umat Muslim di sejumlah titik di Indonesia. Bantuan sudah diserahkan antara 30 Mei sampai 2 Juni kemarin.

"Bantuan sengaja diberikan lebih cepat agar umat Islam bisa lebih siap mengahadapi berbuka dan sahur saat puasa," ujar Direktur IZI Wildhan Dewayana kepada Republika.co.id, Jumat (3/6). Pemberian bantuan difokuskan kepada mereka yang membutuhkan khususnya anak yatim dan janda.

Sebanyak 2000 paket sembako dibagikan kepada sebagian besar Muslim Papua dan wilayah sekitar Jakarta. Rinciannya yaitu 1000 paket di Papua Barat dekat Sorong dan 1000 paket lainnya ke Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Paket seharga Rp 330 ribu itu berupa beras, gula, tepung terigu, mie instan, kacang dan minyak goreng.

Dalam kerja sama ini, Wildhan menjelaskan, IZI berperan sebagai koordinator operasional. Sebagai implementator lokal, IZI megakomodasi data-data wilayah sasaran dan bersama-sama dengam Hasene melakukan pendistribusian bantuan ke wilayah sasaran.

Menurut Wildhan, kerja sama dengan lembaga sosial kemanusiaan (LSM) yang berpusat di Jerman ini sudah terjalin cukup lama, yakni sejak bencana tsunami Aceh pada 2004 silam. Usai tsunami Aceh, kerja sama berlanjut antara IZI dan Hasene setiap tahunnya dalam program distribusi qurban pada momen Idul Adha. 

Sementara tahun ini, merupakan kali pertamanya bagi IZI dan Hasene terlibat kerjasama dalam penyaluran bantuan di momen Ramadhan. Ke depan, kedua lembaga ini rencananya akan memperluas kerjasama melalui program-program lain. 

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "IZI Kerja Sama dengan Hasene Bagikan Sembako untuk Muslim Papua"