Jet Temput Rusia dan Rezim Assad Bunuh 18 Warga Sipil

0 47


airstrikIDLIB, muslimdaily.net – Serangan udara Rusia dan Suriah menewaskan sedikitnya 18 warga sipil hari Ahad (05/06/2016),  di daerah pemukiman antara Aleppo dan Idlib, kata seorang pejabat pertahanan sipil, World Bulletin melaporkan, Ahad.

Ibrahim Abu Laith mengatakan bahwa pesawat menjatuhkan bom thermobaric dan barel di lingkungan yang dikuasai oposisi. “Sedikitnya 18 warga sipil tewas dan 50 lainnya terluka, termasuk anak-anak dan perempuan,” katanya.

Menurut seorang pejabat pertahanan sipil, pesawat tempur Rusia melakukan lebih dari selusin serangan udara di lingkungan yang dikuasai faksi-faksi jihad dan oposisi anti-Assad, termasuk menargetkan Masjid, pasar dan hotel.

Bom thermobaric jauh lebih merusak dibanding bahan peledak konvensional karena ledakan mereka sangat kuat, sedangkan bom barel adalah perangkat improvisasi yang digunakan untuk efek yang menghancurkan di Suriah, di mana mereka biasanya dijatuhkan oleh helikopter di atas daerah pemukiman.

Abu Laith mengatakan rumah-rumah di Jalan Castello yang menghubungkan Kota Aleppo dan Idlib yang dikuasai pejuang-pejuang Suriah anti-rezim serta daerah pedesaan di utara Aleppo juga menjadi sasaran.

“Tim pertahanan sipil sedang berjuang untuk mencapai daerah yang dibom,” katanya, seraya mengatakan rezim Bashar al-Assad dan Rusia melakukan pembantaian di Aleppo.

“Kami menyerukan kepada publik dunia agar menekan rezim untuk menghentikan serangan terhadap kota,” katanya.

Suriah telah terkunci dalam perang global sejak awal 2011, ketika rezim Syiah Nushairiyah Bashar al-Assad membantai pengunjuk rasa dengan kebrutalan militer yang tidak terduga. Menurut Pusat Penelitian Kebijakan Suriah sedikitnya 470.000 warga Suriah telah tewas dalam perang.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Jet Temput Rusia dan Rezim Assad Bunuh 18 Warga Sipil"