Koalisi Pimpinan AS Berencana Bersihkan Raqqa dari IS

0 27


raqqaRAQQA, muslimdaily.net – Pasukan aliansi AS yang didukung oleh pejuang Kurdi-Arab berencana memberihkan Organisasi Negara Islam (IS) dari ibukotanya, Raqqa, Suriah.

Juru bicara Koalisi AS, Kolonel Steve Warren mengatakan, operasi SDF (Pasukan Demokratik Suriah) bertujuan menekan Raqqa. Namun tidak merebutnya. Menurutnya, SDF sejauh ini baru menghadapi rintangan kecil.

“SDF (Pasukan Demokratik Suriah) telah memulai operasi untuk membersihkan pedesaan utara, jadi ini adalah meletakkan tekanan pada Raqqa,” ujar juru bicara militer AS, Kolonel Steve Warren.

Aliansi SDF didominasi oleh milisi Kurdi Popular Protection Units (YPG). Mereka telah menjadi sekutu kunci koalisi AS selama dua tahun. Kolaborasi keduanya telah berhasil mengurangi jumlah musuh, terutama di Suriah bagian utara.

Kurdi melancarkan aksi darat sementara AS membantu dengan kekuatan di udara. Sejauh ini, 26 ribu km persegi telah berhasil diambil alih. Wilayah termasuk 400 km sepanjang perbatasan Turki.

Pada Selasa, kelompok aktivis anti-IS di Raqqa melaporkan sejumlah serangan udara di utara. Pertempuran mulai intensi di sekitar desa Heisha. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan Moskow siap berkoordinasi dengan SDF dan AS.

Sumber SDF mengatakan pada kantor berita Kurdi, Rudaw, pasukan akan menyebar ke desa Big Fatiseh, Small Fatiseh dan Tishi. Mereka akan membersihkan wilayah ini dari IS.

Warren mengatakan operasi dimulai pada hari Selasa, dan pasukan SDF telah bertemu perlawanan IS kecil di seluruh daerah yang jarang penduduknya.

Dalam laporan yang dihimpun AFP, sekitar 3.000 sampai 5.000 pasukan IS masih bertahan di Raqqa. Sementara ratusan atau bahkan ribuan pasukan IS lainya tersebar diseluruh daratan Suriah dan Irak bagian utara.

“Jika Raqqa jatuh, itu adalah awal dari akhir kekhalifahan mereka,” Ujar Warren.(AFP,BBC)

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Koalisi Pimpinan AS Berencana Bersihkan Raqqa dari IS"