Militer Irak Kuasai Kembali Kota Ar-Rutbah dari IS

0 39


arrutbah1IRAK, muslimdaily.net – Pasukan Irak merebut kembali kota barat ar-Rutbah dari IS (Islamic State) pejabat militer mengatakan, Selasa (17/05/2016).

“Pasukan Irak dan para pejuang suku telah membebaskan sebuah jembatan strategis (di kota),” kata kepala polisi provinsi Anbar Mayjen Hadi al-Rzayej kepada Anadolu Agency, Selasa.

Dia mengatakan pasukan Irak telah maju ke kota dan membebaskan pintu masuk utara kota.

Brigadir Jenderal Abdul-Amir al-Khazraji, wakil komandan pasukan khusus provinsi, mengatakan bahwa tentara Irak tidak menemui perlawanan dari pasukan IS.

“Pasukan Irak maju untuk membebaskan seluruh kabupaten di kota,” katanya kepada Anadolu Agency.

Dia mengatakan tentara Irak beusaha menjinakkan bahan peledak dan bom yang ditanam oleh pasukan IS di seluruh kota.

Konflik di Irak merajalela sejak 2014, ketika IS menyerbu kota utara Mosul dan menyatakan “khalifah” sepihak di beberapa wilayah Irak dan Suriah.

Hilangnya kota Rutbah akan sangat menghambat operasi IS di provinsi Anbar Irak. IS telah mengalami kemunduran besar di Anbar selama beberapa bulan terakhir, kehilangan Ramadi, ibukota provinsi serta kota terdekat Hit, The Long War Journal melaporkan, Rabu (18/05/2016).

IS masih menguasai Fallujah di Timur serta semua kota-kota di barat Anah sepanjang Sungai Efrat di samping wilayah yang berdekatan di seberang perbatasan Suriah.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Militer Irak Kuasai Kembali Kota Ar-Rutbah dari IS"