Muhammad Ali: Allah The Greatest…!

0 32


AP

Pertarungan Joe Frazier (kiri) melawan Muhammad Ali (kanan)

‘’Cassius Clay itu nama budak!’’ Sumpah serapah ini pernah dilontarkan salah satu petinju terbesar di dunia Muhammad Ali saat ditanya wartawan mengenai perubahan namanya pada paruh akhir tahun 1960-an. Ali gusar karena para wartawan yang kemana dia pergi selalu merubungnya selalu menanyakan soal nama barunya setelah memeluk Islam itu.

‘’Nama saya Ali, Muhammad Ali. Saya ‘The Greatest’,’’ katanya lagi yang nama kecil lengkapnya bernama Cassius Marcellus Clay Jr (lahir 17 Januari 1942  Louisville, Kentucky, Amerika. Saluran berita Televisi CNN baru saja yang menyebutnya Ali meninggal dunia setelah berjuang selama 30 tahun melawan penyakit Parkinson yang diideapnya. ’’Boxing legend Muhammad Ali Dead At 74,’’ tulis CNN dalam siaran beritanya pagi ini (Sabtu 4/6).

Meski dikenal jagoan baku pukul, namun semenjak kecil Ali dikenal sebagai pribadi yang baik dan menyenangkan. Dia penurut tak pernah terlibat perkara kriminal misalnya seperti si petinju leher beton, Mike Tyson, yang suka berkelahi semenjak kecil.

Teman-teman kecilnya menyebut Ali yang merupakan putra tukang cuci pakaian ini sebagai teman yang menyenangkan. Kebugaran dan kekuatan fisiknya sudah ditempanya semenjak masa sekolah dasar. Ketika teman-teman pergi ke sekolah menumpang bus, dia memilih berlari ke sekolah meski seorang diri.

‘’Kalau kami naik bus ke sekolah, Ali malah pilih berlari ke sekolah yang jarak dari rumah sekitar enam kilo meter. Hebatnya, dia selalu lebih dalu sampai di sekolah dari pada kami yang pergi menumpang bus,’’ cerita seorang tetangga perempuan Ali, di Louisville, beberapa tahun silam.

Jerry Icenberg, Kolumnis senior ‘Newark Star-Ledger’ menyatakan Ali seorang ‘nice guy’ atau punya kepribadian yang menyenangkan. Dia mampu menyebarkan semangat kemanusiaan dan menjadi penerang bagi dunia.’’Ali seorang ‘genuie Muslim’ (pribadi muslim yang utuh),’’ kata Icenberg.

‘’I love Muhamad Ali. Dia seorang legenda dan juara sejati bagi keseluruhan umat manusia. Muhammad Ali memang ‘The Greatest’ sekaligus juara yang sejati,’’ kata promotor tinju kondang Don King.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Muhammad Ali: Allah The Greatest…!"