MUI Pusat Perkirakan Masyarakat Indonesia Akan Berpuasa Serempak


hilalzulhijjah1JAKARTA, muslimdaily.net – Jatuhnya satu Ramadhan 1437 Hijriah atau awal puasa diperkirakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat akan bersamaan antara Ormas Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dengan Pemerintah, yaitu pada Senin, 6 Juni 2016.

Ketua Umum MUI Pusat KH Maruf Amin kepada wartawan di Surabaya menyatakan, kemungkinan besar awal puasa pada tahun ini akan jatuh pada 6 Juni, sehingga akan berbarengan antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dengan Pemerintah.

“Sudah bisa diperkirakan awal puasanya sama pada Senin 6 Juni,” ujar Ketua Umum MUI Pusat KH Maruf Amin kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, potensi tidak ada perbedaan awal Ramadhan antarumat Islam di Indonesia karena posisi hilal sudah tinggi atau di atas 2 derajat sehingga sangat besar kemungkinan pada saat Rukyatul Hilal mendatang sudah tampak.

Meski tidak ada potensi perbedaan, kata dia, namun Pemerintah Pusat dan sejumlah Ormas Islam di Tanah Air belum memiliki kesepakatan terkait penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha mendatang.

“Melihat sekarang, posisi hilal sangat mendukung untuk sama karena sudah tampak dan sudah tinggi,” ucap Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

Sementara itu, untuk sidang Isbat akan digelar pada Minggu, 5 Juni 2016, untuk menentukan awal Ramadhan dengan menggelar Rukyatul Hilal di beberapa titik se-Tanah Air.

“Kalau di Jatim, biasanya di Surabaya, Lamongan, Gresik, Madura dan sejumlah titik lainnya. Tunggu saja hasil sidang, tapi ya itu tadi, diperkirakan bersamaan,” katanya.(Antara)

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "MUI Pusat Perkirakan Masyarakat Indonesia Akan Berpuasa Serempak"