Operasi Taliban di Utara Membuat Militer Afghanistan Terdesak


konvoi_talibanAFGHANISTAN, muslimdaily.net  – Taliban (Imarah Islam Afghanistan) telah mengepung sejumlah pasukan Afghanistan di Baghlan dekat ibukota provinsi, meningkatkan tekanan pada pasukan Afghanistan yang sudah membentang pertempuran di empat wilayah yang berbeda, pejabat militer mengatakan, lansir The Long War Journal, Senin (15/05/2016).

Pejuang Taliban telah mengepung pasukan Afghanistan di distrik Pul-i-Khumri, keluarga pasukan mengatakan. Para prajurit Afghanistan telah berada di bawah pengepungan selama satu minggu, menurut TOLONews, dan militer belum bergerak untuk membantu pasukan yang terkepung.

“Pemerintah tidak mendengarkan kami … pasukan bala bantuan bisa pergi ke sana, tapi mereka tidak pergi. Pemerintah memiliki pesawat, tetapi tidak menggunakannya,” seorang kerabat salah satu prajurit yang terperangkap di distrik Pul-i-Khumri mengatakan kepada kantor berita Afghanistan.

Taliban mengatakan telah mengambil alih sejumlah besar daerah Pul-i-Khumri dan distrik tetangga Baghlan-i-Jadid (yang juga dikenal sebagai Baghlan-i-Markazi). Pada tanggal 14 Mei, Taliban merilis sebuah pernyataan pada Voice of Jihad mengatakan bahwa pejuangnya berhasil (mendobrak) lebih dari dua basis serta (membersihkan) dua desa dari musuh setelah pertempuran beberapa jam di Baghlan-i-Jadid dan mengambil alih pangkalan militer utama dan sejumlah pos pemeriksaan di Pul-i-Khumri.

Hari berikutnya, Taliban merilis sebuah laporan rinci melaporkan kemenangan besar di Pul-i-Khumri. Menurut pernyataan itu, Taliban menyerbu sembilan desa dan empat pos militer, sementara pejuang Taliban lainnya mengepung di sekitar basis yang dibentengi dan memblokir jalan utama ke Mazar-i-Sharif, ibukota provinsi Balkh. Taliban mengatakan mengalahkan pasukan Afghanistan yang berusaha mematahkan pengepungan markas.

Laporan pers Afghanistan mengkonfirmasi pernyataan Taliban mengenai pertempuran di Baghlan yang menunjukkan bahwa jihadis Taliban telah membuat kemenangan di utara dan meguasai transportasi di Ring Road, atau Highway 1, di Baghlan. Ring Road tersebut menghubungkan kota terbesar Afghanistan dan jalan raya utama di negara ini.

Pekan lalu, The New York Times menegaskan bahwa Taliban melumpuhkan arteri penting setelah menyerang pasukan Afghanistan yang menjaga.

“Kota Mazar-i-Sharif terputus, begitu juga koneksi jalan ke delapan provinsi utara,” Times melaporkan pada 14 Mei.

Serangan Taliban di Baghlan menargetkan pasukan National Afghanistan, yang fokus mempertahankan ibukota Kabul sambil berusaha menahan Taliban mengambil alih ibukota provinsi Helmand di selatan dan Kunduz, yang berbatasan dengan Baghlan di utara. Taliban menyerbu Kunduz City pada September 2015 dan menguasainya kemudian menarik kembali setelah pasukan operasi khusus AS memimpin perang untuk merebut kembali ibukota provinsi tersebut. Di Helmand, Taliban menguasai sebagian besar kabupaten, dan telah mengepung ibukota Laskar Gah selama beberapa bulan.

Pasukan Afghanistan telah mencoba untuk melawan Taliban di berbagai daerah. Pasukan sering bergeser dari satu tempat lain untuk mengambil kembali wilayah dari Taliban, tetapi setelah militer ditarik mundur, daerah jatuh kembali di bawah kontrol Taliban.

Taliban tidak membatasi pertempuran mereka untuk Kunduz, Baghlan, dan Helmand saja. Taliban telah membuat kemenangan di Kandahar dan juga menekan pasukan Afghanistan di provinsi timur seperti Kunar, Khost, dan Paktika, dan provinsi barat seperti Badghis dan Farah.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Operasi Taliban di Utara Membuat Militer Afghanistan Terdesak"