Pasukan Irak Buka Rute Aman Bagi Pengungsi dari Milisi Syiah di Fallujah


e75263859360438d1d0110d2d368af1344c791b2FALLUJAH, muslimdaily.net – Militer Irak mengatakan pada hari Ahad (12/06/2016) bahwa mereka telah mengamankan rute keluar pertama yang aman bagi warga sipil Sunni dari milisi Syiah untuk meninggalkan wilayah Islamic State (IS) di Fallujah yang terkepung, dan kelompok bantuan Norwegia mengatakan ribuan orang sudah melarikan diri di hari pertama pembukaan rute itu.

Irak telah melancarkan operasi besar untuk merebut kembali Fallujah – sebuah benteng IS yang terletak hanya satu jam perjalanan dari Baghdad – tetapi PBB khawatir akan nasib hingga 90.000 warga sipil yang diyakini terperangkap di dalam dengan sedikit makanan atau air. Rute keluar baru, yang dikenal sebagai al-Salam Junction (Persimpangan Damai) di sebelah barat daya Fallujah, telah diamankan pada hari Sabtu, juru bicara Joint Operation Command Brigadir Jenderal Yahya Rasool mengatakan kepada Reuters.

“Ada rute keluar sebelumnya, tapi ini adalah rute pertama yang benar-benar aman dan memang relatif aman,” kata Rasool. Sekitar 4.000 orang telah meninggalkan kota selama 24 jam terakhir melalui al-Salam Junction, kata Karl Schembri, juru bicara Norwegia Refugee Council di Irak, yang telah membantu penduduk melarikan diri dari kota mereka.

“Kami berharap ribuan lainnya dapat meninggalkan kota dalam beberapa hari mendatang,” katanya.

Rute Al-Salam Junction dijamin aman setelah pasukan melumpuhkan oposisi di kabupaten yang terletak di tepi barat sungai Efrat, di seberang pusat kota Fallujah di tepi timur tersebut, kata Rasool.

Dia tidak memberikan informasi jumlah warga sipil yang mampu melarikan diri sejauh ini.

Lebih dari 20.000 orang telah berhasil melarikan diri dari kota dan sekitarnya sejak militer Irak mulai menyerang pada 23 Mei, PBB mengatakan pada 8 Juni. Tapi kurangnya rute aman membuat mereka yang melarikan diri berada dalam situasi yang sangat sulit dan berbahaya. Sedikitnya selusin orang dilaporkan tenggelam saat melintasi sungai Eufrat, dan puluhan warga sipil Sunni lainnya di eksekusi milisi Syiah yang tergabung dalam operasi militer.

Mereka yang berhasil mencapai garis yang dikuasai Irak mengatakan telah berjalan selama berhari-hari untuk menghindari tembakan sniper dan alat peledak yang ditanam oleh gerilyawan IS sepanjang jalan untuk memperlambat pergerakan tentara. Seorang pejabat pemerintah mengatakan militan memasang pertarungan sulit untuk mempertahankan kota, dan mempertahankan sebuah benteng di mana pasukan AS berperang dalam pertempuran terberat mereka selama pendudukan tahun 2003-2011.

Perdana Menteri Haider al-Abadi mengatakan pasukan maju dengan hati-hati untuk melindungi warga sipil.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Pasukan Irak Buka Rute Aman Bagi Pengungsi dari Milisi Syiah di Fallujah"