Pembuatan Paspor Haji akan Dipercepat

0 43


Republika/Agung Supriyanto

Paspor Haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin melakukan rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Puan Maharani, dan Menteri Kesehatan, Nila Moeloek terkait penyelenggaraan ibadah haji. Menag mengatakan, semua kebutuhan ibadah haji diupayakan terpenuhi secepatnya, termasuk paspor jamaah sendiri.

"Untuk paspor tadi ada komitmen dari Kemenkumham akan dipercepat," ujar Menag, di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (18/5).

Menurut Menag, saat ini sudah ada 100.300 paspor jamaah yang sudah selesai. Hal ini menandakan persiapan paspor jamaah sudah dipersiapkan lebih dini.

Calon jamaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 168.800 baik reguler maupun khusus. Jumlah tersebut sama dengan kuota haji tahun lalu.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI), Syamsul Ma'arif mendesak agar semua kontrak baik pemondokan maupun katering harus tidak ada yang terlambat. Karena itu, Kemenag harus kerja keras dalam mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji.

Menurutnya, paspor jamaah juga perlu segera diproses agar tidak ada lagi pemisahaan jamaah seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Pembuatan Paspor Haji akan Dipercepat"