Pengepungan Rezim Suriah di Utara Homs, Lumpuhkan Kehidupan 250.000 Warga Sipil


homs172901HOMS, muslimdaliy.net – Sebuah pengepungan yang melumpuhkan diberlakukan oleh pasukan rezim Syiah Nushairiyah di pedesaan utara provinsi Homs Suriah tengah. Pengepungan itu merampas komoditas vital bagi sekitar 250.000 warga sipil.

“Pasukan Rezim telah menutup semua penyeberangan dan rute ke daerah,” Yasser al-Sayed Ali, penduduk distrik al-Hawla, mengatakan kepada Anadolu Agency, Kamis (19/05/2016).

“Pembatasan ini memperburuk semua aspek kehidupan di daerah tersebut,” katanya.

Menurut aktivis Suriah, pasukan rezim mencegah akses bantuan kemanusiaan ke pedesaan utara Homs, yang menghambat sekitar 250.000 warga sipil di daerah oposisi tersebut untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari.

“Kebanyakan komoditi tidak tersedia di pasar dan harganya meroket,” kata Ali, menambahkan bahwa harga sebagian besar komoditas sudah naik sekitar sepuluh kali lipat.

Suriah telah terkunci dalam perang global sejak 2011, ketika rezim Syiah Bashar al-Assad menumpas aksi unjuk rasa dengan keganasan militer.

Perkiraan PBB tahun lalu menyarankan bahwa populasi Homs telah menyusut dari 2.100.000 menjadi 1.500.000. Banyak mereka yang melarikan diri dari kota diyakini tetap berada di daerah pedesaan di dekatnya.

Abdul-Rahman al-Yassin, seorang warga setempat, mengatakan kebanyakan orang tidak menemukan bahan makanan.

“Dalam banyak kasus, kita tidak menemukan makanan untuk makan seperti juga kebanyakan penduduk di daerah tersebut,” katanya kepada Anadolu Agency.

Blokade Rezim juga telah memperburuk kondisi kesehatan di pedesaan bagian utara Homs.

“Ada kekurangan obat di daerah,” Sami, seorang dokter di sebuah rumah sakit lapangan yang hanya memberi tahu nama depannya untuk alasan keamanan, mengatakan kepada Anadolu Agency.

Dia mengatakan rumah sakit lapangan di mana ia bekerja tidak memiliki semua peralatan medis modern.

“Rumah sakit juga tidak mampu menampung meningkatnya jumlah yang terluka dan pasien [lainnya],” tambahnya.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Pengepungan Rezim Suriah di Utara Homs, Lumpuhkan Kehidupan 250.000 Warga Sipil"