Ramadhan Ini, DD Kirim Dai ke Luar Negeri

0 37


Republika/ Tahta Aidilla

  Presdir Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dompet Dhuafa (DD) akan kembali mengirimkan da'i ke luar negeri selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini, lembaga kemanusiaan itu sudah mengirim dai ke luar negeri keempat kalinya secara berturut-turut.

Presiden Direktur DD Ahmad Juwaini menjelaskan, akan ada 20 da'i yang akan dikirim ke 12 negara. DD sudah mempersiapkan bekal kepada para da'i."Yang sekarang ingin menyampaikan pesan-pesan Islam yang Rahmatan lil 'alamin, Islam yang damai, Islam Nusantara yang moderat. Itu misi utama kita," ujar Juwaini, saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (13/5).

Sejauh ini, ia mengatakan, masyarakat Muslim Indonesia di luar negeri merespon sangat luar biasa dengan kehadiran para da'i yang dikirim DD. Sebab, minimal satu bulan da'i berdakwah. Hal tersebut berbeda dengan da'i diluar yang dikirim DD. Biasanya hanya lima hari sampai satu minggu saja."Jadi mereka sendiri memerlukan itu. Satu bulan itu sesuatu banget," katanya.

Ia menambahkan, sasaran dakwah da'i yang dikirim yaitu komunitas Muslim Indonesia. Namun, biasanya mereka menggelar acara bersifat terbuka untuk umum.Karena itu, lanjutnya, audiens juga terdapat dari warga asli setempat. Aktifitas da'i seringkali mengisi kajian di masjid dan menjadi imam shalat.

Juwaini menyadari setiap negara memiliki persoalan yang berbeda. Sehingga perlu disiapkan da'i yang memahami persoalan setempat. Hal tersebut, tuturnya, sudah disiapkan oleh DD. Mereka dipilah sesuai karakter da'i untuk ditempatkan di suatu negara.

Negara Eropa contohnya. Saat ini sedang gencar isu ekstrimisme agama. Dengan begitu akan disiapkan da'i yang bisa menjelaskan terkait hal tersebut."Kita juga ada training kepada mereka tentanh up grade pengetahuan dakwah, zakat, infaq, sadaqah dan wakaf," ucap Juwaini.

Menurut dia, DD mengharapkan mereka yang dikirim bisa menjadi da'i pemberdayaan masyarakat. Bagaimana menjadi da'i yang lebih operasional tidak hanya konsep saja. 

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "Ramadhan Ini, DD Kirim Dai ke Luar Negeri"