Ramadhan Tahun Ini China Janjikan Tak Ada Diskriminasi Muslim Xinjiang


internasional-astaghfirullah-muslim-di-china-dipaksa-jual-minuman-keras-1025-lBEIJING, muslimdaily.net – Pemerintah China menjamin tak akan ada tindakan diskriminasi keagamaan dan gangguan terhadap masyarakat Muslim wilayah Xinjiang, China yang menjalankan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan.

Pihak berwenang di Xinjiang sebelumnya telah meningkatkan pengendalian terhadap praktik keagamaan yang diikut kelompok minoritas Uighur di tempat itu saat Ramadhan.

Muncul kritik terkait masyarakat yang dilarang melakukan kegiatan keagamaan dan sejumlah tempat makan yang dipaksa untuk tetap buka demi menggoda mereka yang berpuasa.

“Selama bulan suci Ramadhan ini, apakah membuka atau menutup restoran halal diserahkan sepenuhnya kepada para pemilik tanpa adanya gangguan,” demikian sebuah laporan pemerintahan China terkait kebebasan beragama di Xinjiang seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya, selama Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya Muslim di dataran tinggi China itu kerap mengalami tindakan diskriminasi, baik dari pemerintah ataupun masyarakat setempat.

US Muslims Demand End of China Ramadan BanTahun lalu, surat kabar The National  menyatakan bahwa pemerintah Cina melarang Muslim berpuasa selama bulan Ramadhan. Kebijakan larangan berpuasa itu ditujukan kepada penduduk Muslim di wilayah barat laut, Xinjiang, di mana larangan berpuasa selama bulan suci Ramadhan itu diberlakukan.(Reuters, Atr)

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Ramadhan Tahun Ini China Janjikan Tak Ada Diskriminasi Muslim Xinjiang"