RZ Gelar Simulasi Pertolongan Pertama Kecelakaan Lansia

0 44


Simulasi Tindakan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lansia (TP2KL) oleh RZ di Klaten, Rabu (25/5). Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN-- RZ (Rumah Zakat) menggelar kegiatan simulasi Tindakan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lansia (TP2KL) di Balai Desa Kebondalem Kidul, Klaten. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang lansia di beberapa posyandu lansia yang ada di wilayah tersebut.

“Simulasi ini dilakukan secara bergilir, tergantung lansia mana yang sudah siap. Dari 8 posyandu lansia yang ada di wilayah ini, 4 diantaranya sudah mengirimkan perwakilan, sedangkan 4 posyandu yang belum akan diikutsertakan di kegiatan selanjutnya,” ungkap Rahmad Widodo, Relawan Inspirasi Klaten dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (25/5).
 
Sebelum melakukan simulasi para lansia terlebih dahulu diberikan penyuluhan seputar Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Kegiatan TP2PKL ini juga bertujuan untuk melatih para lansia agar tidak panik saat menghadapi situasi genting.
 
“Banyak kasus lansia terkena stroke karena keluarga lansia dan lansia itu sendiri salah penanganan saat terjadi kecelakaan di sekitar rumahnya. Dengan adanya kegiatan ini mereka mendapat pengetahuan tentang PPGD yang pada akhirnya nanti, minimal bisa menolong dirinya sendiri,” kata Hastuti Bintari, bidan salah satu posyandu. “Alhamdulillah dapat sambutan baik dari warga,” ujar Widodo. 

 

 
Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "RZ Gelar Simulasi Pertolongan Pertama Kecelakaan Lansia"