Saudi Suntik Rp 47,9 Triliun Untuk Uber

0 31


uberRIYADH, – Saudi memberikan suntikan dana untuk Uber, tak tanggung-tanggung kucuran dana dari investor Arab Saudi dengan nilai US$ 3,5 miliar, atau berkisar setara Rp47,9 triliun.

Seperti yang dilansir CNN, Jumat (6/3) Saudi dinilai tak berlebihan memberikan dana yang tak sedikit untuk Uber. Selain karena Saudi termasuk Negara dengan pengguna Uber terbesar, dalam dua tahun terakhir perusahaan ini juga sudah berhasil menggalang dana hingga US$ 13,8 miliar. Itu adalah angka luar biasa untuk starup.

Angka US$ 3,5 miliar yang dikucurkan Saudi Arabia Public Investment Fund sendiri disebut sebagai investasi tunggal terbesar yang diterima Uber. Sebagai kompensasi, Al Rumayyan salah satu petinggi investor tersebut kini berada di jajaran direksi Uber, seperti dimuat The Verge, Kamis (2/6).

Selain dari Arab Saudi, Uber juga mendapat banyak pendanaan dari China, Baidu adalah satu investor terbesar dengan suntikan US$ 600 juta.

Bennett Coleman & Co’s Times Internet asal India (The Times Group), perusahaan Internet di India, juga disebut-sebut ikut membesarkan valuasi Uber setelah menyuntikan US$ 16 juta.

Uber didirikan di San Francisco, California, Amerika Serikat, oleh Travis Kalanick dan Garreth Camp pada 2009 silam. Perusahaan rintisan ini dengan cepat meningkatkan valuasi mereka karena model bisnis yang unik.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Saudi Suntik Rp 47,9 Triliun Untuk Uber"