Serangan Bom Targetkan Mobil Polisi di Istanbul, 11 Tewas


11ad127273d641e0b02a80bb4ec17c57_18ISTANBUL, muslimdaily.net – Sebuah serangan bom yang menargetkan sebuah kendaraan polisi di distrik Istanbul pusat telah menewaskan sedikitnya 11 orang, termasuk tujuh anggota polisi, gubernur kota mengatakan, lansir Aljazeera, Selasa (07/06/2016).

Berbicara di lokasi ledakan di distrik Beyazit, Gubernur Istanbul Vasip Sahin mengatakan sebuah bom yang diletakkan di dalam mobil diledakkan saat kendaraan polisi lewat.

Laporan mengatakan ledakan terjadi di dekat stasiun metro Vezneciler, yang berdekatan dengan beberapa tempat wisata utama kota, termasuk Masjid Suleymaniye.

Emre Rende, seorang wartawan freelance yang melaporkan dari Istanbul, mengatakan, “bus menjadi sasaran bom mobil yang diledakkan dari jarak jauh sebelum ledakan kedua yang diyakini berasal dari tabung gas.

“Serangan itu terjadi dekat dengan Grand Bazaar sehingga mungkin dilakukan untuk menjauhkan (mengusir) wisatawan,” tambahnya.

Menurut saluran berita TRT yang dikelola negara, bus itu lewat di distrik Beyazit, Istanbul.

Gambar menunjukkan bom menghancurkan kendaraan polisi berkeping-keping dan menghancurkan jendela depan toko-toko di dekatnya akibat kuatnya ledakan.

Presiden Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Selasa bahwa perlawanan negara terhadap kelompok-kelompok bersenjata akan terus berlangsung “sampai akhir”. Berbicara kepada wartawan setelah mengunjungi beberapa korban yang terluka di sebuah rumah sakit di dekat lokasi ledakan, Erdogan mengatakan serangan itu “tak termaafkan”.

Serangan bom itu terjadi pada hari-hari pertama Ramadhan, bulan suci Islam, yang ditandai dengan puasa dari fajar hingga senja dan doa yang intensif.

Istanbul sudah terkena dua pemboman tahun ini, termasuk di kawasan wisata.

Kedua serangan itu dituduhkan pada kelompok Islamic State (IS). Dua serangan lain di Ankara diklaim oleh separatis Kurdi dan menewaskan puluhan.

Dua serangan di Ankara diklaim oleh milisi komunis Kurdistan Freedom Falcons (TAK) – sebuah kelompok sempalan dari partai terkenal Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang pemerintah.

Serangan memiliki efek buruk pada industri pariwisata menjelang musim panas.

Sekitar 1,75 juta orang asing datang ke Turki pada bulan April, turun lebih dari 28 persen dibandingkan April 2015, kata kementerian pariwisata dalam rilis terbaru mereka.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Serangan Bom Targetkan Mobil Polisi di Istanbul, 11 Tewas"