Siapa Sebenarnya Al-Zubai, Tangan Kanan Al-Baghdadi

0 22


abu bakar al-baghdadiDAMASKUS, muslimdaily.net – Pejabat-pejabat keamanan Negara wilayah Kurdistan baru-baru ini mengumumkan kematian Ali Aswad al-Zubai Abu Mujahid, kepala kantor intelijen Organisasi Negara Islam IS.

Seperti yang dilansir Alarabiya, Jumat (20/5) kematiannya dianggap pukulan telak bagi organisasi ‘teror’ itu, terlebih Ali Aswad disebut-sebut sebagai orang yang bertanggung jawab untuk keselamatan pemimpin kelompok itu, Abu Bakr al-Baghdadi.

Menurut informasi intelijen yang dikumpulkan sejauh ini, al-Aswad menjadi sasaran utama serangan udara yang dilakukan oleh koalisi internasional dekat desa Tel Azba di provinsi Nineveh di Irak utara. Dua pemimpin senior IS lainnya juga dikatakan telah tewas dalam serangan itu.

Lahir pada tahun 1978 di Khan Dhari di Irak, al-Aswad dikenal sebagai seorang yang memiliki pemikiran ekstrimis dan berafiliasi dengan organisasi garis keras. Dia juga dikatakan telah dekat dengan al-Baghdadi sejak tahun 2003 dan bertanggung jawab untuk gerakan dan keamanannya.

Menurut pengamat kelompok teroris, Hisham al-Hashimi, Abu Mujahid pulang dari Afghanistan dan memiliki hubungan dekat dengan Mohammed Hussein al-Jubouri yang saat ini memimpin Ansar al-Sunna, Mohammed al-Falastini pemimpin Jund al-Aqsa di Suriah, Abdel-Hamid Abu Azzam yang menjalankan jaringan rekrutmen al-Qaeda di Eropa dan Mohammed Saleh, sekretaris IS di Baghdad.

Menurut al-Hashimi, ini adalah pemimpin yang menginspirasi Ali al-Aswad al-Zubai, yang dipenjara di penjara Bucca 2005-2008.

Menurut laporan utama mengenai pengalaman dan kecakapannya dalam beberapa organisasi. Ujar al-Hashimi, menempatkan al-Aswad di jajaran atas kepemimpinan IS. Selain ia, Alaa al-Afri, Abu Ali Anbari, Abu Omar al-Chichani, Abu Mohammed al-Adnani, dan Abu Sulaiman Nasser merupakan sosok-sosok petinggi IS yang masih menjadi orang yang paling diburu dunia saat ini.

 

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Siapa Sebenarnya Al-Zubai, Tangan Kanan Al-Baghdadi"