Tahun Ini, Eropa Justru Ramai Dengan Tokoh-tokoh Islam

0 22


tokoh islamLONDON, muslimdaily.net – Tahun 2016 dipercaya sebagai tahun kesuksesan bagi Muslim Eropa. Terbukti banyaknya tokoh muslim yang mencuri perhatian masyarakat dan mejadi topic yang paling ramai dibicarakan di media sisial, baik yang ada di Eropa atau bahkan seluruh dunia.

Satu nama yang baru-baru ini muncul ke media adalah Jamala, 32 tahun asal Ukraina. Pemenang kontes Eurovision lewat lagu emosional “1944”, kenang deportasi tragis Tatar Krimea oleh Uni Soviet dengan lirik bermuatan politis.

Jamala menjadi salah satu tokoh yang paling ramai diperbicangkan di media sosial Inggris. Akun Twitter dengan nama  Raziye Akkoc menyatakan bahwa Jamala termasuk tokoh yang mendominasi Islam di Eropa.

“Jamala & ayahnya adalah Muslim, sementara ibunya adalah Kristen. Muslim mendominasi 2016, 2015, syariah di mana-mana pada 2017” Tulis di laman Twitter pribadinya.

Selain Jamala, Shadiq Khan juga menjadi tokoh berdarah Asia dan Muslim pertama yang berhasil menduduki kursi sebagai wali kota London. Ia menjabat mulai awal bulan ini dan diyakini telah membuat banyak perubahan, banyak hal tentang Islam dan muslim di Inggris, terkhusus London.

Selama kemenangannya, hashtag Twitter dengan tagar #YesWeKhan menjadi  tren saat ribuan orang turun ke situs microblogging untuk mengekspresikan sentimen kegembiraan dan pujian atas kemenangan bersejarah itu.

“Pertama seorang Muslim Walikota London, sekarang pemenangnya Muslim #Eurovision @Jamala” tulis seorang pengguna Twitter dengan nama  Sohaib Ahmed di laman pribadinya.

Nama lainya adalah Nadiya Hussain, pemenang Great British Bake Off tahun 2015, terus mendapat  banyak penggemar baru Twitter dari  seluruh dunia. Wanita muslimah itu bahkan diberi tugas kehormatan membuatkan roti ulang tahun ke-90 oleh Ratu Inggris secara langsung.

Nadiya saat ini bahkan membahwa tayangan khusus di televisi Inggris dengan tajuk “Chronicles of Nadiya”. Acara yang dibawanya dipercaya termasuk salah satu program televisi serupa yang paling diminati warga Inggris.

tokoh islamSementara dalam olahraga, nama Riyad Mahrez, berusia 25 tahun merupakan pemain Leicester City yang sedang naik daun terutama setelah klubnya berhasil memenangkan ajang sepak bila disana. Mahrez bahkan menjadi pemain Afrika pertama yang memenangkan penghargaan dan menjadi salah satu pemain yang paling diincar klub raksasa di Inggris dan Eropa.

Banyak pengguna sosial media, terutama Twitter di seluruh Eropa telah tertarik untuk terhubung dengan kepribadian sukses yang telah memberikan kontribusi politik, masakan, sepak bola dan musik dengan latar belakang Muslim, hal itu membuktikan bahwa masyarakat Eropa dapat secara mudah menerima semua identitas termasuk Muslim.

“Amir Khan, Mo Farah, Nadiya Hussain, Riyad Mahrez dan sekarang Sadiq Khan. Tapi terus mengatakan Muslim Inggris tidak bisa disesuaikan!?” tulis salah akun Twitter dengan nama @Ilsa23Manzer.

Selain nama-nama itu, tokoh lainya seperti  jurnalis politik Inggris Mehdi Hasan, Maha Akeel, direktur Departemen Informasi di Organisasi Kerjasama Islam dan beberapa nama lainya juga menjadi tokoh muslim yang paling ramai dibicangkan dan menjadi inspirasi bagi banyak Muslim Eropa.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Tahun Ini, Eropa Justru Ramai Dengan Tokoh-tokoh Islam"