Tuesday 9th March 2021

Terungkap, Sisi Kelam Industri Susu Sapi Selandia Baru yang Teramat Kejam


TRIBUNJOGJA.COM – Kelompok aktivis perlindungan hewan Safe and FarmWatchberhasil mengungkap sisi gelap peternakan dan industri produsen susu sapi segar di Selandia Baru.

Tak hanya sekadar klaim, fakta itu diperkuat dengan rekaman video yang diambil secara sembunyi dari peternakan tersebut. Hasilnya? Benar-benar diluar kewajaran.

Video mengungkap kekejaman yang dilakukan para pekerja peternakan hingga diluar batas kemanusiaan.

industri-susu-sapi-selandia-baru001
Cuplikan adegan – adegan mengerikan kekejaman terhadap sapi di peternakan dan produsen susu sapi di Selandia Baru (FarmwatchNZ)

VIdeo ini, diunggah oleh kelompok SAFE.org di situs YouTube pada 28 November 2015.

Hingga kini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 100 ribu kali penayangan dan memancing begitu banyak komentar bernada kecaman terhadap perilaku tak manusiawi tersebut.

“Hati saya benar-benar teriris setelah melihat ini,” demikian salah satu komentar dalam unggahan video tersebut.

“Ini merupakan hal yang paling mengerikan yang pernah aku saksikan. Aku tahu ini merupakan hanya sebagian kecil saja dari mereka, tapi tetap saja ini telah membuatkan tak ingin lagi meminum susu. Hatiku benar-benar sakit dan marah. Aku harap mereka segera bisa dijebloskan ke penjara,” tulis komentar lainnya.

industri-susu-sapi-selandia-baru
Cuplikan adegan – adegan mengerikan kekejaman terhadap sapi di peternakan dan produsen susu sapi di Selandia Baru (FarmwatchNZ)

Dalam video terlihat kekejaman di luar batas, dimana anak sapi yang baru lahir diambil paksa dari induknya untuk disembelih.

Anak-anak sapi itu, diambil paksa, kemudian dilemparkan ke dalam bak kendaraan khusus.

Dalam beberapa adegan terlihat, sang induk sapi itu mengejar anaknya yang telah diambil secara paksa. Namun apa daya, tidak ada yang bisa dilakukan selain menerima kenyataan.

Anak-anak sapi itu dibiarkan kelaparan selama lebih dari delapan jam tanpa makanan. Banyak anak sapi yang mati, karena mereka kelaparan sementara yang lain mati akibat berdesakan satu sama lain.

Adegan lebih kejam lagi terlihat di tempat jagal.

Anak-anak sapi yang sudah mengalami penyiksaan selama proses pengiriman ini ditendang, dilemparkan, dan tragis, mereka dipukul di bagian kepalanya beberapa kali lalu disembelih ala kadarnya.

Adapun, rekaman ini, digunakan oleh para aktivis untuk mendesak pemerintahan Selandia Baru supaya mengusut tuntas kekejaman tersebut.

industri-susu-sapi-selandia-baru_0812_4_20151208_135343
Cuplikan adegan – adegan mengerikan kekejaman terhadap sapi di peternakan dan produsen susu sapi di Selandia Baru (FarmwatchNZ)

Mereka juga menggalang dana untuk meningkatkan kesadaran mengenai perilaku kejam tersebut.

Sementara itu, kelompok organisasi non profit Animals Australiamenjabarkan, kondisi ini merupakan buntut dari tingginya permintaan susu di pasaran.

Produsen menggunakan berbagai cara untuk bisa menghasilkan susu lebih banyak. Salah satunya dengan cara seperti yang terlihat dalam video tersebut.

Lantaran, untuk bisa menghasilkan susu yang banyak maka sapi itu harus melahirkan anak terlebih dahulu.

Di sisi lain, anak-anak sapi ini dianggap tidak menghasilkan apa-apa selain daging mereka.

Maka dari itu, tak lama setelah dilahirkan, anak-anak sapi itu langsung dikirim ke tempat penjagalan dengan proses yang amat sadis. (*)

sumber: JOGJA.TRIBUNNEWS.COM

***

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Terungkap, Sisi Kelam Industri Susu Sapi Selandia Baru yang Teramat Kejam"


Top