Uber, Dianggap Solusi Transportasi Bagi Wanita Saudi

0 62


uberRIYADH, – Dikebanyakan Negara mengemudi mobil dan bisa berkeliling kota merupakan cara yang nyaman dan menjadi aktifitas yang menyenangkan. Namun, kegiatan ini tak berlaku bagi wanita-wanita Saudi. Dinegara yang sangat menerapkan peraturan agama dan Negara secara menyeluruh, melarang wanita untuk mengemudi mobil sendiri.

Di negara dimana transportasi umum terbatas itu, banyak wanita mengandalkan wali laki-laki dengan mobil atau taksi untuk mengantarkan mereka dari kota ke kota lain. Taksi berbasis aplikasi dianggap sebagai solusi utama bagi wanita-wanita Saudi, Uber salah satunya.

“Ini seperti memiliki mobil sendiri karena menjemput saya langsung dari depan pintu saya,” ujar  Shaheed larey, seorang wanita dari Riyadh kepada Alarabiya.

“Saya menggunakan Uber untuk banyak hal, seperti jika saya pergi berbelanja atau jika saya bertemu teman-teman saya,” tambahnya.

Sementara itu, baik di Saudi atau dinegara lain seperti Indonesia, taksi non aplikasi dilihat sangat merepotkan adan dinilai memiliki potensi yang relative kurang aman bagi wanita. Namun dengan taksi berbasis aplikasi dapat meyakinkan kepada pengguna, terutama wanita lebih mudah dan dinilai lebih aman.

Sebelum adanya layanan taksi berbasis online di Saudi, banyak wanita mengandalkan sopir pribad untuk mengantarkan kemanapun mereka akab berpergian. Namun setelah layanan itu mulai diluncurkan pada 2014 lalu, wanita Saudi beralih mode yang mereka anggap mereka lebih mudah tersebut.

uberMenyadari animo masyarakat yang semakin tinggi, Uber dan inviestor lokal tak tanggung-tanggung dalam mengembangkan bisnisnya di salah satu Negara kaya minyak itu. Baru-baru ini Uber mendapat kucuran dana dari investor Arab Saudi dengan nilai US$ 3,5 miliar atau berkisar setara Rp47,9 triliun, nilai ini tentu bukan dana yang sedikit.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Uber, Dianggap Solusi Transportasi Bagi Wanita Saudi"