Untuk Pertama Kalinya, Pesawat Tempur AS Serang IS di Irak


kapal induk ASDAMASKUS, – Untuk pertama kalinya pesawat-pesawat tempur AS menyerang Organisasi Negara Islam (IS) di daratan Irak. Pesawat pesawat tersebut dikirim langsung oleh AS lewat sebuah kapal induk di Laut Mediterania.

Seperti yang dilansir Reuters, Sabtu (4/6) Serangan ini menandai pertama kalinya sebuah kapal induk AS menyerang target di Timur Tengah dari Laut Mediterani sejak Perang Irak dimulai pada tahun 2003.

Jet-jet tempur AS terbang dari kapal induk USS Harry S. Truman yang telah dipindahkan operasinya ke Laut Mediterania melalui Terusan Suez. Namun tidak ada keterangan dimanakah letak sasaran dari serangan tersebut apakah di Irak atau Suriah dan apakah berhasil atau tidak.

“Langkah ini menunjukkan kemampuan operator untuk melakukan misi berkelanjutan bahkan ketika bergerak dari satu daerah ke daerah lain,” kata seorang pejabat senior Angkatan Laut AS.

USS Truman dan kapal lain dalam kelompok penyerangan tersebut disiapkan sebagai aset utama dalam perang AS terhadap ISIS. Mereka sat ini bertugas di wilayah operasi Armada ke-5 Angkatan Laut. Mereka juga bekerja sama dengan kapal induk Perancis Charles de Gaulle.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Untuk Pertama Kalinya, Pesawat Tempur AS Serang IS di Irak"