Yuk Intip Tempat Nongkrong Favorit Pelajar Indonesia di Berlin


image

BERLIN, muslimdaily.net – Bagi pelajar Indonesia di Berlin, Jerman, belum dianggap berkunjung ke Berlin kalau belum singgah di Restoran El-Reda. Restoran yang beralamat di Huttenstr. 69 – 70 10553 Berlin ini, memang sudah lama terkenal di kalangan pelajar Indonesia, ungkap Rio Yulendra.

“Orang kalau ke Berlin belum makan disini, berarti dia terhitung belum ke Berlin, haha. Tapi memang ini terkenal di kalangan orang Indonedia udah lama, dan memang orang luar Berlin datang, kita kumpulnya di sini,” ujar alumni Pondok Pesantren Assalaam Surakarta, Jawa Tengah itu.

Di restoran asal Lebanon ini, terdapat menu favorit yakni Kubideh. Yups, makanan yang konon katanya asli dari Persia. Kubideh terdiri dari nasi Basmati, daging (bisa pilih daging cincang, kambing atau ayam), tomat dan salat. Selain Kubideh menu lain yang ditawarkan adalah schawarma, cocktail buah dan beragam menu lainnya.

image

Kubideh, Sumber Foto: Rio Yulendra

Adapun harga menu-menu tersebut berkisar dari 2 EUR sampai 12 EUR (mata uang Eropa).

Dijelaskan oleh Rio, para pelajar Indonesia di Berlin suka nongkrong di tempat ini di antaranya karena El-Reda menyajikan makanan halal dan makanannya cocok dengan selera orang Indonesia. Di Berlin, paparnya lagi, untuk restoran halal hanya ada di beberapa tempat.

“Kenapa anak indo suka nongkrong di sana? Tempatnya nyaman, dan di antara sedikit restoran halal yang ada di Berlin, ini udah favorit dari dulu. Makanannya juga dekat dengan selera indonesia, ada nasinya. Dan cocok buat mahasiswa, porsinya banyak haha,” ujal mahasiswa kelahiran 1993 itu.

Rio juga menuturkan hal unik terkait Kubideh. Menurutnya ada tradisi cara unik menyantap Kubideh yang membuatnya khas.

“Jadi yang unik dari makanan ini adalah cara makannya. Sekilas kalau dilihat biasa aja menunya. Nasi dan daging. Tetapi sudah jadi tradisi, sepertinya, kalau makan kubideh ga langsung dimakan gitu aja. Dikasih butter dulu, tomatnya dibelah dikasih gula, taburkan bubuk paprika, sambel, trus tambahkan daun daun salat yang ada. Nah dari situ dapet khas nya Kubideh,” pungkasnya.

Category: Halal
No Response

Leave a reply "Yuk Intip Tempat Nongkrong Favorit Pelajar Indonesia di Berlin"