Zakat Wujudkan Masyarakat Produktif

0 61


Baznas

Kampanye kemandirian zakat oleh Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menyambut datangnya bulan Ramadan 1437 H, Baznas menggelar Aksi Simpatik “Kebangkitan Zakat” pada Jumat (3/6) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta. Aksi yang diikuti oleh sekitar 150 orang tersebut mengkampanyekan “Kebangkitan Zakat” sebagai sebuah gagasan untuk mewujudkan masyarakat yang produktif, membangun sistem ekonomi yang etis dan mampu menunaikan zakat.   

“Zakat bukan sekadar menghimpun dan menyalurkan dana dari muzaki ke mustahik. Tapi merupakan sistem yang diciptakan Allah untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan umat,” kata Ketua Baznas, Bambang Sudibyo.

Melalui zakat ini, umat didorong untuk lebih produktif, bersemangat kerja keras sehingga mampu mandiri. Selain itu, umat juga tidak bergantung pada orang lain bahkan dapat berbagi kebahagiaan dengan kata lain, membangun kualitas personal yang tangguh. 

Dalam aksinya, Baznas membagikan bunga serta jadwal Imsakiyah kepada pengendara yang melintas. Untuk menggunggah semangat masyarakat menghadapi bulan suci, disuguhkan pula teatrikal yang diisi oleh grup band Punk Muslim. 

Program-program Baznas dalam Ramadhan tahun ini di antaranya Pasukan Umar bin Khattab. Ini adalah program mendatangi dan memberikan bantuan pada kantong-kantong kemiskinan di Jakarta. Kemudian, Hidangan Berkah Ramadhan, Pesantren Entrepreneur (partner), Reused Market, Urban Farm, Teras Sehat, Paket Ramadan Bahagia, Devisa Mudik, Hari Zakat Nasional dan Baznas Peduli Migran.

 

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "Zakat Wujudkan Masyarakat Produktif"