3 Bencana Besar yang Hancurkan Peradaban

0 42


Antara

Banjir bandang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam perjalanan peradaban manusia pernah beberapa kali terjadi peristiwa besar yang hampir memutuskan mata rantai peradaban itu sendiri. Perubahan itu disebabkan oleh serentetan peristiwa  bencana besar seperti banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan pergerakan lempengan bumi atau tsunami yang merusakkan proses peradaban manusia pada masa lampau.

Rangkaian bencana yang menimpa kaum terdahulu tidak lain adanya peran manusia yang tidak sesuai dengan kehendak Allah SWT sebagai pencipta alam semesta tidak segan menurunkan ujian atau azabnya sebagai peringatan terhadap umatnya.

Terutama mereka yang tidak amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai penjaga kemakmuran bumi. Dalam Alquran hampir semua musibah dan bencana yang menimpa suatu kaum selalu terkait dengan kekufuran dan keingkaran mereka kepada Allah. Berikut tiga bencana besar pada peradaban kuno yang pernah disebutkan dalam Alquran:

Nabi Nuh, (Hud [11]: 42), Nabi Syua'ib (al-A'raf [7]: 92), dan Nabi Luth (Hud [11]: 82), berikut penjelasan bencana besar yang terjadi pada zaman tiga nabi Allah.
 

Category: Jejak
No Response

Leave a reply "3 Bencana Besar yang Hancurkan Peradaban"