Aturan DIRE Syariah Ditargetkan Selesai Tahun Ini

0 67


Republika/Yasin Habibi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraturan dana investasi real estate syariah (DIRE Syariah) diharapkan bisa rampung tahun ini. Jika aneka hambatan pada DIRE konvensional bisa diselesaikan, DIRE Syariah juga diharapkan bisa berjalan baik.

Deputi Direktur Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muhammad Touriq mengatakan, draf peraturan DIRE Syariah juga sudah dilempar ke publik untuk mendapat masukan. Akhir April 2016 lalu pun sudah ada diskusi terfokus DIRE Syariah dengan semua pemangku kepentingan.

''Isu pajak DIRE Syariah akan jelas kalau DIRE konvensional pun jelas. Karena kan sama. Semoga tahun ini peraturan DIRE Syariah bisa terbit,'' ungkap Touriq, Rabu (4/5).

Touriq menyebut sudah ada satu manajer investasi yang berminat dengan DIRE Syariah ini menggunakan underlying pusat perbelanjaan. Tapi di dalam draf, underlying DIRE Syariah diperluas tidak hanya pusat perbelanjaan tapi juga pergudangan, lapangan peti kemas dan lainnya.

DIRE Syariah bisa saja dikaitkan pemanfaatan tanah wakaf selama di atas tanah tersebut sudah didirikan bagungan untuk kemudian dibuatkan DIRE syariah. ''Tapi di sisi syariah, perlun dilihat lagi apakah ini bisa. Karena saat dibuat DIRE properti di atas aset wakaf harus dialih kepemilikan dalam bentuk kontrak investasi kolektif,'' ungkap Touriq.

Jika secara syariah hal hal tersebut dibolehkan, DIRE syariah bisa dipakai. Sebab penggunaan DIRE syariah berbeda dengan sukuk yang properti bisa disewakan.

 

Category: Ekonomi
No Response

Leave a reply "Aturan DIRE Syariah Ditargetkan Selesai Tahun Ini"