Berjihad Kemanusiaan Pilihan Terbaik Umat Islam

0 97


Republika/Agung Supriyanto

Ahmad Satori Ismail, Ketua Umum IKADI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia KH Achmad Satori Ismail mengatakan bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk menggalakkan jihad damai.

"Jihad damai itu bentuknya banyak. Jihad di bidang pendidikan, di bidang ekonomi, di bidang politik dan lain-lain. Jihad untuk perbaikan masyarakat dengan dakwah itu adalah jihad damai," kata Achmad Satori di Jakarta, Selasa (7/6).

Menurut dia, di bulan Ramadan ini, berjihad di jalan kemanusiaan menjadi pilihan terbaik umat Muslim, terutama Muslim Indonesia yang hidup bersama dengan umat beragama lain.

Guru Besar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu menegaskan bahwa jihad tidak identik dengan kekerasan dan perang. Kekerasan justru tidak sesuai dengan ajaran Islam.

"Jihad itu jangan dikonotasikan dengan perang dan kekerasan. Jihad harus dilakukan sesuai konteksnya. Alquran menyebut bahwa jihad sebaiknya dilakukan dengan harta dulu, misalnya mengentaskan kemiskinan. Itu salah satu bentuk jihad. Menolong orang-orang yang tertindas itu juga jihad," katanya.

Karena itu, dia sangat menghargai ustaz-ustaz yang berada di pelosok Indonesia yang berusaha membangun umat menuju kondisi? yang lebih baik karena itu juga bentuk jihad.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Berjihad Kemanusiaan Pilihan Terbaik Umat Islam"