Bom Mobil Meledak di Kantor Polisi Turki

0 39


midTURKI, muslimdaily.net  – Sebuah bom mobil meledak di kantor polisi pada hari Rabu (08/06/2016) di tenggara Turki yang didominasi Kurdi, melukai beberapa orang sehari setelah 11 orang tewas dalam serangan di Istanbul, kata kantor berita Anatolia yang dikelola negara.

Sebuah serangan bom menghantam sebuah kantor polisi di kota Midyat, kata Anatolia, yang menyalahkan “teroris” dalam referensi untuk militan komunis Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

Beberapa orang terluka dan ambulans dikerahkan ke lokasi setelah ledakan kuat, televisi swasta NTV melaporkan.

Kekerasan berkobar tahun lalu antara pemberontak Kurdi dan pasukan Turki, menghancurkan sebuah gencatan senjata 2013 yang dicapai setelah pembicaraan rahasia antara pemimpin PKK Abdullah Ocalan dan negara Turki.

Turki telah melancarkan serangan yang intens terhadap PKK yang tercatat sebagai kelompok teror oleh Ankara dan sekutu Baratnya, dengan operasi “pembersihan” di beberapa kota di tenggara.

Aktivis menuduh pasukan Turki menyebabkan kerusakan besar di pusat-pusat perkotaan dan membunuh warga sipil. Namun pemerintah mengatakan operasi tersebut sangat penting untuk keselamatan publik, dan menyalahkan PKK atas kerusakan yang terjadi.

Lebih dari 40.000 orang telah tewas sejak PKK mengangkat senjata pada 1984 menuntut sebuah negara merdeka bagi suku Kurdi. Sejak itu kelompok ini telah mempersempit tuntutan mereka untuk otonomi dan hak budaya yang lebih besar.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Bom Mobil Meledak di Kantor Polisi Turki"