Di Fallujah Satu Kilogram Beras Rp 648.000

0 68


9E41C9DB-F6A4-435E-8705-1B1B0DEEE8CD_mw1024_s_nFALLUJAH, muslimdaily.net – Operasi Militer di Fallujah telah memakan korban manusia, kelompok-kelompok hak asasi mengatakan, di tengah pertempuran antara pasukan Islamic State (IS) dengan tentara gabungan Irak termasuk milisi Syiah yang ikut operasi.

Seorang warga Fallujah mengatakan kepada Al Jazeera, Senin (30/05/2016) melalui telepon bahwa mereka kekurangan obat-obatan dan bahan bakar.

“Ada beberapa makanan. Kami memiliki sayuran, cukup untuk bertahan hidup. Tetapi tidak ada beras dan gula, dan harga untuk satu kilo beras di sini mencapai $ 48 (Rp 648.000, 1 $ = 13.500),” kata warga tersebut. “IS bersiaga di pinggiran kota. Pasukan IS telah mendirikan pos pemeriksaan dan siap menyergap, sehingga orang kesulitan untuk meninggalkan kota.”

Pertempuran untuk merebut Fallujah telah menimbulkan kekhawatiran akan timbulnya reaksi Sunni – Syiah, saat milisi Syiah terindikasi akan melakukan pembalasan terhadap penduduk sipil Sunni di daerah yang direbut kembali dari IS.

Analis Timur Tengah di Institut Hudson di Washington DC, Michael Pregent, mengatakan bahwa keterlibatan milisi Syiah yang banyak, “tidak akan menang atas penduduk Sunni yang diperlukan untuk melawan ISIS.”

“Kami membiarkan milisi Syiah yang dipimpin oleh letnan (Jenderal Iran) Qassem Soleimani untuk memutuskan siapa IS dan siapa kolaborator,” katanya kepada Al Jazeera.

“Jika Anda melihat foto propaganda yang muncul dari Fallujah, Anda melihat perempuan dan anak-anak sedang diberi botol air oleh milisi Syiah tapi di manakah para lelaki? Mereka mengambil para lelaki dan menempatkan mereka di tempat lain dan milisi memutuskan siapa yang merupakan Daesh (IS) dan siapa yang kolaborator, dan hukuman untuk mereka adalah sama.”

Ranj Alaaldin, seorang analis Timur Tengah di London School of Economics, mengatakan IS memiliki dukungan lokal yang signifikan di Fallujah.

“Mereka yang melawan pasukan Irak di Fallujah kebanyakan adalah tokoh adat setempat. Suku dan kelompok militan yang telah memiliki senilai pengalaman mobilisasi lebih dari satu dekade. Mereka ini adalah pasukan yang mengangkat senjata melawan AS dan kemudian setelah itu bertempur melawan pemerintah Irak.

“Jangan lupa bahwa ini adalah sebuah kota yang menolak kontrol dari luar, baik dari pasukan AS ataupun dari pemerintah Irak sendiri.” tutupnya.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Di Fallujah Satu Kilogram Beras Rp 648.000"