Foto Selfie Seorang Muslimah Didepan Puluhan Demonstran Anti-Islam Menjadi Viral


zakiaBELGIA, muslimdaily.net – Ketika Zakia Belkhiri yang mengenakan hijab melihat aksi demontrasi kelompok anti-Islam-kanan memprotes gaya hidup Islam yang ia hadiri di Belgia, dia menjawab seperti Seribu benar, BBC melaporkan, Rabu (18/05/2016)

Wanita berusia 22 tahun itu mengambil telepon genggamnya dan mengambil serangkaian foto narsis dengan anggota Vlaams Belang – sebuah kelompok nasionalis sayap kanan yang digambarkan beberapa kali sebagai kelompok “terbuka anti-Muslim”.  Foto Ms Belkhiri di atas berpose dengan latar belakang para demonstran – beberapa di antaranya jelas terkesan berani – sejak itu banyak diberitakan di media sosial dan menjadi viral.

Ms Belkhiri mengatakan kepada BBC Trending bahwa dia mengambil foto-foto tersebut “untuk menunjukkan bahwa hal-hal bisa saja berbeda. Dan kita bisa hidup bersama, tidak berdampingan satu sama lain, tetapi dengan satu sama lain.”

Tampak dari foto-foto tersebut beberapa demonstran geli dan terhibur oleh tindakannya, meskipun mereka membawa papan dan plakat yang berbunyi “tidak ada jilbab”, “tidak ada masjid” dan “hentikan Islam”.

Beberapa laporan mengklaim mereka tergabung dengan Voorpost – sebuah kelompok militan nasionalis yang mendistribusikan sepotong sosis babi ke pengunjung pameran. Filip Dewinter adalah salah satu anggota terkemuka Vlaams Belang. Dia mengatakan, “Pameran Islam ini merupakan pameran apartheid, di mana mereka memberitakan segregasi bukan integrasi.”

Target protes itu adalah expo tahunan ketiga yang diselenggarakan di Antwerp akhir pekan lalu. expo adalah sebuah pameran gaya hidup bagi umat Islam, menampilkan kedai atau gerai produk, pertunjukan, pembicaraan, lokakarya dan pasar makanan halal yang terbuka untuk semua anggota masyarakat.

Meskipun sekitar 15% dari populasi Belgia mengikuti iman Islam, pengeboman di bandara Brussels baru-baru ini mengakibatkan adanya laporan peningkatan dukungan bagi kelompok-kelompok kanan-jauh. Vlaams Belang menguat mendapat tambahan 10.000 orang penggemar, 25 persen pertumbuhan dalam semalam setelah serangan di Belgia.

BBC Tren berbicara dengan fotografer freelance Jurgen Augusteyns yang ada di sana untuk meliput acara tersebut dan mengambil foto selfie Ms Belkhiri. “Seorang teman wartawan saya mengatakan kepada saya untuk pergi, Anda tidak pernah tahu bagaimana hal-hal seperti ini akan berkembang”.

Dia menggambarkan bagaimana ia melihat Vlaams Belang di pintu masuk Muslim Expo tahun lalu. Ia mengatakan, “Sabtu ini ada sekitar 40 pengunjuk rasa. Jujur, itu semua agak membosankan tapi ketika Zakia mulai mengambil foto narsis tiba-tiba suasana menjadi jauh lebih menarik.”

Ms Belkhiri mengatakan kepada BBC Trending bahwa dia awalnya menjauh dari perhatian media karena dia “tidak ingin terlihat seperti seorang gadis yang mencari perhatian.”

Dia juga menambahkan bahwa dia tidak berpikir bahwa selfie bisa menjadi bentuk protes; “Ini bukan protes sama sekali, ini hanya untuk berbagi sukacita dan damai.”

Tanggapan relatif user untuk diplomasi selfie Ms Belkhiri kontras dengan konfrontasi baru lain yang menghasilkan gambar yang sangat mencolok untuk alasan yang berbeda. Dua pekan lalu foto seorang wanita kulit hitam mengangkat tangan terkepal tanda salut dalam pawai neo-Nazi di Swedia juga banyak diberitakan di media sosial.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Foto Selfie Seorang Muslimah Didepan Puluhan Demonstran Anti-Islam Menjadi Viral"