Hamas Tak Menerima Undangan Mesir

0 28


HamasGAZA, muslimdaily.net – Gerkan perlawanan Hamas mengkonfirmasi bahwa pihaknya tak menerima undangan Kairo atas rencana untuk mengakhiri perpecahan internal dan mewujudkan rekonsiliasi Palestina.

Hamas sebelumnya menampih isu yang menyebutkan bahwa gerakan perlawanan rakyat Palestina itu menerima undang resmi dari Kairo untuk ikut dalam dialog dengan Fatah.

Pejabat Hubungan Arab di Hamas, Usamah Hamdan menegaskan dalam statemennya kepada Quds Press bahwa pihaknya menyambut baik usaha Kairo menyelesaikan perpecahan internal Palestina dan Hamas siap untuk memberikan repon positif undang Kairo tersebut. “Namun sampai saat ini kami tidak menerima undang resmi atau inisiatif Mesir yang jelas terkait hal tersebut”.

Sebelumnya, sejumlah sumber media massa Mesir dan Arab mengungkap bahwa elit Mesir menyampaikan kepada delegasi Jihad Islami (yang belakangan bertemu dengan pejabat keamanan Mesir) bahwa pihaknya mengundang Fatah dan Hamas untuk menggulirkan kembali usaha rekonsiliasi sebelum bulan Ramadhan.

Beberapa bulan lalu juga, Ibukota Qatar, Doha juga menjadi tuan rumah lawatan dialog antara Fatah dan Hamas dimana disebutkan sudah menemukan titik temu terkait perbedaan antara kedua gerakan ini dan tidak ada halangan untuk melakukan pertemuan frame pimpinan dan mulai melakukan persiapan pemilu.

Isu prakarsa Mesir ini mencuat setelah Perancis juga berusaha menyelenggarakan pertemuan perdamaian internasional di Timteng melalui dua tahap; pertama yang tidak dihadiri pihak yang berkonflik dan kedua dihadiri oleh Israel dan Palestina.

Pihak Palestina menyambut pertemuan Perancis ini, mamun Israel menolaknya.(PIC)

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Hamas Tak Menerima Undangan Mesir"