Hari Ini, IS Klaim Serangan Bomnya Telah Tewaskan 100 Orang Baghdad


bom bunuh diriBAGHDAD, muslimdaily.net – Bom ketiga kembali menghantam pasar di kota Baghdad, Selasa (17/5), menewaskan setidaknya 19 orang. Jumlah itu menambah keseluruhan korban bom menjadi 69 orang dihari yang sama.

Seperti yang dilaporkan Alarabiya, Selasa (17/5) setidaknya 15 orang lainya dilaporkan mengalami luka-luka akibat serangan bom yang menyasar kota Sadr, wilayah yang didominasi oleh komunitas Syiah.

Dua ledakan bom sebelumnya menewaskan sedikitnya 44 orang dan melukai lebih dari 90 lainya. sementara itu sebuah bom mobil di kawasan selatan al-Rasheed juga setidaknya telah menewaskan enam orang dan melukai 21 orang lainya.

Polisi dan petugas medis menyatakan, rangkaian bom ini menjadi seangan paling berdarah yang terjadi di Baghdad pada tahun ini.

Seorang juru bicara Komando Operasi Baghdad mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa penyerang sengaja menyasar wilayah Syiah.

Disisi lain Organisasi Negara Islam (IS) mengeluarkan pernyataan yang mengklaim serangan itu, mereka juga mengatakan bahwa penyerang itu diidentifikasi sebagai Abu Khattab al-Irak, yang diklaim salah satu dari anggota aktif dari organisasi itu.

Pembom itu melemparkan granat tangan dan kemudian meledakkan sabuk bunuh diri, kata IS.

IS juga mengklaim pemboman di dan sekitar ibukota telah menewaskan 100 orang dan memicu kemarahan rakyat terhadap pemerintah karena gagal menjamin keamanan.

Sementara itu, Perdana Menteri Haider al-Abadi mengakui krisis politik yang dipicu oleh upaya perombakan kabinet anti-korupsi berakibat menghambat memerangi IS dan menciptakan ruang untuk serangan pemberontak lebih pada penduduk sipil.

Krisis keamanan menjadi hal yang begitu memprihatinkan di ibukota dalam beberapa tahun terakhir, bahkan sebagai pejuang IS telah menyita sejumlah bagian negara hampir ke pinggiran benteng Baghdad.

 

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Hari Ini, IS Klaim Serangan Bomnya Telah Tewaskan 100 Orang Baghdad"