Ikut Forum Islam Dunia di Iran, Indonesia Dorong Kerukunan


www.cathnewsindonesia.com

Kerukunan antar Umat Beragama. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia menekankan pentingnya kerukunan hidup antarumat beragama pada Forum Islam Dunia ke-7 di kota Yazd, Iran, 24-25 Mei.

Duta Besar RI untuk Iran Octavino Alimudin mengatakan, berdasarkan pengalaman Indonesia dalam menjaga kerukunan antar umat beragama, pemerintah, pemimpin agama dan pemangku adat harus memiliki sikap bersama mencegah berbagai bentuk kerawanan sosial.

"Untuk menjamin kerukunan hidup antarumat beragama diperlukan forum komunikasi antarumat beragama, reaksi cepat dan terpadu dalam merespons dan menanggapi berbagai insiden," ujar Dubes Octavino dalam rilis yang disampaikan.

Selain itu penegakan hukum secara transparan dan imparsial juga diperlukan untuk memulihkan situasi atau kondisi aman seperti semula.

Terkait pembahasan etika media, Dubes RI itu menilai media mempuyai peran penting dalam menciptakan suasana kondusif di negara yang memiliki keberagaman keyakinan dan budaya melalui pemberitaan berimbang dan bertanggung jawab.

Baca juga, Ribuan Warga Bekasi Deklarasi Jaga Kerukunan Antarumat Beragama.

KBRI Tehran dalam berpartisipasi pada Forum Islam Dunia selanjutnya mengharapkan agar forum tersebut dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Islam.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Ikut Forum Islam Dunia di Iran, Indonesia Dorong Kerukunan"