Inilah Yang Dibicarakan Sheikh Al-Tayeb dan Paus Francis di Vatikan


francis-tayebVATIKAN, muslimdaily.net – Imam besar Masjid Al-Azhar Kairo Sheikh Ahmed Al-Tayeb akhirnya benar-benar menemui Paus Francis di Vatikan pada Senin (23/5). Dalam pertemuan tersebut, kedua pemukan dari dua agama itu sempat berpelukan dan berbincang dalam beberapa waktu.

Seperti yang dilansir laman Alrabiya, Selasa (24/5) pertemuan Vatikan pertama antara pemimpin umat Katolik di dunia dan otoritas tertinggi dalam Islam Sunni menandai puncak dari peningkatan yang signifikan, dalam hubungan antara kedua agama sejak Francis menjabat pada tahun 2013.

“Pertemuan kami adalah pesan,” kata Francis dalam komentar singkat pada awal pertemuannya dengan Sheikh Ahmed al-Tayeb.

Dalam pernyataan yang disampaikannya, Tayeb mengatakan bahwa pihaknya sengaja menerima undangan dari Francis untuk datang ke Vatikan guna mengeksplorasi upaya untuk menyebarkan perdamaian antar kedua belah pihak.

Pertemua yang berjalan sekitar 30 menit itu berjalan lancar dan sangat ramah. Vatikan menyampaikan bahwa pertemuan bersejarah ini perlu diapresiasi dan dapat berlanjut dikemudian.

Keputusan Tayeb untuk terbang ke Roma tiba-tiba diumumkan pekan lalu, diikuti meredanya ketegangan serius yang menandai pemerintahan pendahulunya Fransiskus, Benediktus XVI.

Hubungan yang buruk sempat terjadi pada pidato Vatikan September 2006. Dalam pidato tersebut Benediktus mengungkapkan bahwa adanya keterkaitan antara Islam dan kekerasan.

Sebelumnya, ditahun 2000 pasca serangan 11 September di New York yang mengubah hubungan antara Barat dan dunia Islam membuat grand Al-Azhar bertemu dengan Paus Yohanes Paulus II di Kairo.

 

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Inilah Yang Dibicarakan Sheikh Al-Tayeb dan Paus Francis di Vatikan"