Iran Instruksikan Hizbullah Berhenti Lawan Israel dan Perangi Saudi


iran-dan-hizbullahBEIRUT, muslimdaily.net – Sayap militer gerakan Syiah Hizbullah Lebanon telah diperintahkan oleh Iran untuk menghentikan operasi melawan Israel dan menargetkan Arab Saudi sebagai gantinya, seperti yang dilaporkan Middle East Eye pada Rabu (18/5).

Istruksi itu keluar di tengah kemarahan atas pembunuhan Mustafa Badreddine, komandan Hizbullah di Suriah. Menurut Hizbullah, pembunuhan itu dilakukan oleh kekuatan ‘takfiri’ yang didukung Riyadh.

Menurut sumber-sumber informasi di Lebanon, instruksi itu secara langsung disampaikan oleh Qasim Soleimani, kepala Pasukan Quds dari Garda Revolusi Iran (IRGC) yang datang langsung ke Beirut.

Soleimani juga menyebut  penerus Badreddine dan dua deputinya, hal ini diyakini merupakan langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hubungan antara Iran dan gerakan Lebanon.

Fuad Syukr digadang-gadang akan menggantikan kedudukan Badreddine. Lelaki berusia 55 tahun yang berasal dari desa al-Nabi Sheeth ini termasuk salah satu pentolan milisi Syiah bersama dengan Imad Mughniyeh, Badreddine, dan Mustafa Sahadah.

Hizbullah

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Iran Instruksikan Hizbullah Berhenti Lawan Israel dan Perangi Saudi"