ISAC Minta Kapolri Laporkan Anggota Densus 88 Pembunuh Siyono ke Bareskrim


isac endro kurniawanSOLO, muslimdaily.net- Kepala Divisi Hubungan Masyarakat, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, menyampaikan hasil putusan pengadilan terkait nasib 2 anggota Densus 88 yang terlibat atas meninggalnya Siyono. Dua anggota polisi itu dinyatakan bersalah karena telah melanggar prosedur pengawalan yakni tidak memborgol Siyono sehingga terjadi perkelahian.

 

“AKBP T sudah dijatuhi hukuman, pertama, wajib menyampaikan permohonan maaf (ke institusi Polri), itu sudah dilakukan,” kata Kadiv Humas Polri Brigjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (11/5/2016).


Menanggapi hasil pengadilan, The Islamic Study and Action Center (ISAC) merasa hukuman yang diberikan terhadap dua pelaku pembunuh Siyono ini jauh dari rasa keadilan. Oleh karena itu, ISAC meminta Kapolri untuk segera melimpahkan kasus pmbunuhan Siyono ini kepada Bareskrim Mabes Polri untuk dijerat dengan pidana umum.

 

“Kalau Kapolri tidak tegas, dan tidak segera menjerat ke pidana umum maka ada kesan bahwa Kapolri melindungi anggotanya,” ungkap Sekretaris ISAC, Endro Sudarsono, S.Pd, melalui siaran pers yang diterima redaktur muslimdaily.net

 

Menurut Kurniawan,  penganiayaan dan pembunuhan adalah delik umum dan bukanlah delik aduan. Hal ini karena polisi adalah warga sipil yang dipersenjatai. Maka, lebih lanjut ia menegaskan, sangat layak jika Kapolri segera mengintruksikan kepada Bareskrim untuk melakukan penyidikan terhadap kematian Siyono

 

“ISAC juga mencatat bahwa saat sidang disiplinpun dilakukan tertutup,” ungkapnya.

 

Kita berharap siapapun pelaku yang diduga melakukan tindak pidana umum harus diproses melalui pidana umum dan terbuka untuk umum, kecuali kasus tertentu. Jika hanya vonisnya para pelaku hanya minta maaf kepada institusi Polri dan mutasi dari unit Densus 88 maka ISAC kuatir akan ada korban lagi sebagaimana Siyono yang lainnya di kemudian hari.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "ISAC Minta Kapolri Laporkan Anggota Densus 88 Pembunuh Siyono ke Bareskrim"