Jelang Ramadhan, Padang Luncurkan Program Ajakan Shalat Tepat Waktu


Republika/Wihdan Hidayat

Ribuan umat muslim melaksanakan shalat.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah kota Padang, Sumatra Barat meluncurkan program mengajak warga melaksanakan shalat sebagai langkah memperkuat iman dan taqwa dalam menyambut Ramadhan 1437 H.

"Sebagai langkah awal kami akan memasang pengumuman ajakan shalat tepat waktu di beberapa tempat strategis," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Senin (16/5). Dia menyebutkan pengumuman ini berbentuk pengeras suara yang akan berbunyi pada waktu akan shalat Dzuhur dan Ashar mengingatkan waktu shalat.

Alasan hanya diumumkan pada dua waktu shalat tersebut karena banyak warga yang melalaikan shalat akibat kesibukan di saat menjelang Dzuhur dan Ashar. Diharapkan dengan berbunyinya pengeras suara tersebut, warga tersadar dan segera melaksanakan shalat.

Terlebih bila saat Ramadhan, shalat di awal waktu tentunya akan menambah pahala berkali lipat. "Dengan sebagian besar warga Padang beragama Islam, diharapkan program ini bisa menyentuh dan mengajak dengan baik untuk shalat," ujarnya.

Dia mengaku tujuan memulai program ini, sebagai upaya pembentukan karakter disiplin yang berlandaskan nilai Islam. Terlebih bagi warga yang bekerja dalam hal pelayanan baik untuk masyarakat maupun abdi pemerintah.

"Bila shalatnya tepat waktu, kinerjanya juga tepat dan disiplin," kata dia.

Salah satu warga, Darmawi menyambut baik program yang mengimbau warga shalat tersebut. Menurut dia langkah yang dilakukan pemerintah ini sepele tapi bernilai. "Sebab meski mungkin tidak semua sadar namun bagi yang masih ada iman akan segera melakukan shalat saat adanya imbauan tersebut," ujarnya.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Jelang Ramadhan, Padang Luncurkan Program Ajakan Shalat Tepat Waktu"