JPRMI Sumbar Luncurkan Gerakan Ayo ke Masjid

0 25


Republika/Aditya Pradana Putra

Sejumlah aktivis Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia melakukan kampanye menyambut Ramadhan dan ‘Gerakan Ayo ke Masjid’ di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (24/7). Mereka mengajak umat Islam untuk mempersiapkan diri menjelang Ramadhan dan lebih giat menja

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan Gerakan Ayo ke Masjid sebagai upaya menanamkan kecintaan generasi muda terhadap masjid.

"Gerakan ini merupakan salah satu pemecahan masalah perilaku negatif yang banyak terjadi di kalangan generasi muda saat ini," kata Ketua JPRMI Sumbar, Zulfahman Siregar di Padang, Ahad (22/5).

Menurut dia Sumbar terkenal dengan filosofi Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah, gerakan ini diharapkan mampu menghidupkan kembali kecintaan generasi muda untuk kembali ke surau

"Pada masa lampau pembinaan generasi muda dilakukan di surau yang telah melahirkan tokoh sukses dengan bekal kemandirian dan agama yang kuat," katanya.

Sementara Ketua Umum JPRMI Yosse Hidayatullah menyampaikan kampanye gerakan nasional Ayo ke Masjid akan digaungkan secara masif dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Untuk Sumbar tidak sulit mengaktualisasikan karena latar belakang masyarakat yang religius, katanya.

Ia mengatakan Gerakan Ayo ke Masjid akan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat dan sekaligus sarana pemecahan masalah persoalan generasi muda melalui tiga pilar.

Yosse menjelaskan tiga pilar tersebut yaitu pendidikan Islam, akhlak dan juga karakter, pilar ekonomi yang menjadi solusi permasalahan ekonomi masyarakat seperti kegiatan remaja mesjid penggerak desa dengan keterampilan kewirausahaan.

Sementara pilar kesehatan, di masjid akan dibuat klinik untuk layanan dasar kesehatan yang nantinya akan dikelola oleh remaja masjid, katanya.

Pada kesempatan itu juga dikukuhkan 17 pengurus daerah JPRMI se-Sumatera Barat dan silaturahim dengan remaja masjid yang ada di Padang.

Sejalan dengan itu Pemerintah Kota Padang juga meluncurkan program mengajak warga untuk shalat tepat waktu dalam menyambut Ramadhan 1437 Hijriah.

"Sebagai langkah awal kami akan memasang pengumuman ajakan shalat tepat waktu di beberapa tempat strategis," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Ia menyebutkan pengumuman ini menggunakan pengeras suara yang akan berbunyi pada waktu akan shalat Zuhur dan Ashar mengingatkan waktu shalat.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "JPRMI Sumbar Luncurkan Gerakan Ayo ke Masjid"