Ketua Umum Hidayatullah: Tingkatkan Semangat Ibadah

0 29


Dok BMH

Ketua Umum DPP Hidayatullah Ustadz Nashirul Haq MA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang Ramadhan ada aneka ragam sikap umat Islam dalam menyikapinya.  "Ramadhan memang penuh berkah. Tetapi, kita mesti benar niat dan komitmennya dalam mengisi Ramadhan. Sebab ada yang memandang Ramadhan sebagai bulan meraup keuntungan duniawi,” kata Ketua Umum DPP Hidayatullah Ustadz Nashirul Haq MA pada acara Tarhib Ramadhan di Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, Ahad  (29/5).

Menurut Nashirul Haq  hal itu memang efek atau bagian dari keberkahan Ramadhan. “Sebagai Muslim kita mesti fokus meningkatkan ibadah. Bukan yang lain, termasuk sibuk menyiapkan idul fitri, sampai lupa hakikat dan tujuan ibadah puasa," ujar  Nashirul Haq.

Nashirul Haq menegaskan, semangat ibadah semestinya sama dengan semangat mencari kebahagiaan duniawi. "Belum pernah ada keluhan orang yang tinggal di sekitaran Jakarta mengeluh karena setiap hari naik kereta, padat dan berdiri lagi. Meskipun hal itu dilakukan bertahun-tahun lamanya. Semestinya demikian juga kita dalam hal ibadah, kian semangat dan tidak mudah menyerah," tuturnya.

Dalam upaya tersebut, Nashirul memberikan tips agar diri bisa komitmen dan terus meningkatkan ibadah terutama di Bulan Ramadhan. "Pada zaman Nabi, ada sahabat yang terlambat shalat berjamaah karena terlalu sibuk berkebun. Kondisi itu menjadikan dirinya menyesal dan akhirnya menghukum diri sendiri (mu'aqabah), dengan menginfakkan kebun yang menjadikannya terlambat berjamaah," ungkapnya.

"Jika kita ingin meningkatkan ibadah kita, cobalah untuk berani menghukum diri sendiri atau melakukan mu'aqabah, sehingga memang ada semangat, motivasi dan disiplin tinggi dalam menjalankan ibadah secara lebih baik, terutama pada bulan Ramadhan," papar Nashirul Haq.

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "Ketua Umum Hidayatullah: Tingkatkan Semangat Ibadah"