Friday 5th March 2021

Ma’ruf Amin: Produk Halal Jadi Isu Global

0 27


Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin (Foto : dok. Hal Halal)

Jakarta, 28 Rajab 1437/6 Mei 2016 (MINA) – Produk halal yang kini berubah menjadi gaya hidup masyarakat, membuat perkembangannya semakin meningkat. Hal tersebut juga terjadi di Indonesia, di mana permintaan akan produk halal terus mengalami perkembangan.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma’ruf Amin mengatakan, produk-produk halal memang telah menjadi isu global, dan tidak lagi menjadi bahan pemikiran negara Islam semata, demikian laporan Hal Halal yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jum’at (6/5).

Dia juga mengatakan, kehadiran produk-produk halal yang awalnya dimaksudkan sebagai perlindungan produk, kini menjadi sesuatu yang dibutuhkan ummat Muslim karena kehadirannya.

Dia menilai, pemahaman halal yang ada di benak masyarakat saat ini tidak lagi sekedar sesuatu yang tidak haram, melainkan sudah menjadi sesuatu yang tidak berbahaya. Bahkan, banyak produk halal yang terus berkembang mengikuti arus perkembangan zaman, sehingga turut menjadi isu bisnis.

Ma’ruf menerangkan, perkembangan produk halal terlihat dari perluasan aspek seperti ekonomi dan industri, tidak berhenti dalam lingkaran soal makanan dan minuman saja. Selain itu, ratusan rumah sakit di Indonesia saat ini juga sedang dalam proses menjadi rumah sakit yang syari’ah.

Ia menambahkan, wisata halal juga merupakan salah satu aspek yang semakin kuat direncanakan, seperti rencana pemerintah menjadikan Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sumatera Barat (Sumbar) sebagai pusat wisata halal dunia, karena sejumlah investor mendukung rencana tersebut. (T/mar/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Category: Halal
No Response

Leave a reply "Ma’ruf Amin: Produk Halal Jadi Isu Global"


Top