Membayar Zakat Kian Mudah

0 85


Republika/ Tahta Aidilla

Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Timur menargetkan bisa mengelola dana zakat sampai dengan Rp1,4 miliar pada saat Ramadhan tahun 2016 mengingat masih sedikitnya jumlah donatur yang menggunakan lembaga amil zakat ini.

Kepala Perwakilan IZI Jawa Timur M Azwar Anas mengatakan, saat ini jumlah donatur yang ada di IZI Jawa Timur sekitar 2.400 donatur. "Jumlah tersebut masih sangat sedikit dibandingkan dengan lembaga amil zakat lainnya yang ada di Indonesia," katanya saat peluncuran IZI Jatim di Surabaya, Selasa kemarin.

Ia mengemukakan, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah donatur yang ingin menyalurkan zakatnya pada saat Ramadhan nanti.

"Salah satunya dengan menggunakan aplikasi pada telepon pintar dan juga melalui pesan singkat serta melalui transfer pada bank-bank tertentu," katanya.

Ia mengatakan kemudahan pembayaran kepada para donatur ini membuktikan bahwa berzakat itu mudah dan memudahkan untuk dikerjakan oleh setiap muslim.

"Secara nasional saat ini IZI memiliki sebanyak 16 kantor perwakilan cabang yang ada di Indonesia dan di Jawa Timur sendiri memiliki tiga kantor cabang masing-masing di Lumajang, Blitar dan Malang," katanya.

Dalam kesempatan itu juga diberikan bantuan pembinaan terhadap TPQ Sahlan kelurahan Putat Jaya, Surabaya supaya bisa berkembang lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Mohamad Fachrur Rozi yang hadir dalam kesempatan tersebut mendukung penuh banyaknya lembaga amil zakat yang ada saat ini.

"Tentunya hal itu harus dibarengi dengan sinergi kepada masing-masing lembaga amil zakat dan juga badan amil zakat yang sudah ada sebelumnya," katanya.

Selain itu, pihaknya mendorong kepada masing-masing lembaga amil zakat untuk rutin melaporkan hasil pengelolaan zakat yang ada untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

"Minimal laporan yang dibuat tersebut tiga bulan sekali supaya kepercayaan masyarakat yang mendonasikan zakat mereka menjadi lebih percaya lagi," katanya.

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "Membayar Zakat Kian Mudah"