Menag Akan Adakan Sidang Isbat 1 Ramadhan Pada 5 Juni Mendatang


hilal_saudi_alarabiyaAMBON, muslimdaily.net – Pemerintah melalui Kementerian Agama berencana mengadakan sidang isbat untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Ramdhan pada 5 Juni Mendatang.

Seperti yang dilaporkan Kompas.com pada Rabu (25/5) Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, untuk menentukan jatuhnya awal Ramadhan, pihaknya akan mengundang para ulama, para ahli, dan para pakar di bidang ilmu falak.

“Kita akan undang para ulama, ahli falak, dan sebagainya itu pada tanggal 5 Juni. Nanti, sore dan setelah maghrib kita akan mengadakan sidang isbat untuk menentukan apakah pada saat itu sudah masuk 1 Ramadhan atau belum, hilal terlihat atau tidak,” ujar Lukman kepada wartawan di Maluku Tengah.

Dia mengatakan, jika saat itu petugas di beberapa titik pemantauan ada yang melihat hilal, sidang isbat akan memutuskan 1 Ramadhan saat itu juga.

“Kalau hilal terlihat, kita sudah masuk 1 Ramadhan untuk besoknya berpuasa. Namun, kalau tidak ada satu pun petugas yang melihat hilal, kita akan istikmal atau menggenapkan menjadi 30 hari,” katanya.

Masuknya bulan Ramadhan penuh rahmat dan ampunan tinggal menghitung hari saja. Saat tibanya nanti, hari demi hari akan dipenuhi dengan pemandangan yang begitu mengagumkan. Salah satunya, dengan ibadah puasa yang akan dilaksanakan umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Namun, penentuan awal Ramadhan memasuki bulan puasa tentu harus dilakukan melalui perhitungan baik menggunakan metode hisab taupun ru,yah (Mengamati hilal).

hilalzulhijjah1

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Menag Akan Adakan Sidang Isbat 1 Ramadhan Pada 5 Juni Mendatang"