NU Akan Bentuk Laskar Antikekerasan

0 92


Nahdlatul_UlamaJAKARTA, muslimdaily.net – Organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) berencana membentuk Laskar Antikekerasan. Melalui badan otonomnya Perguruan Silat NU Pagar Nusa Laskar, Antikekerasan tersebut akan difungsikan sebagai mitra aparat keamanan dalam melakukan pencegahan dini terhadap terjadinya aksi kekerasan.

“Laskar ini dibentuk untuk menghentikan kekerasan dalam bentuk apa saja, termasuk kekerasan seksual bahkan kekerasan atas nama negara atau atas nama agama sekalipun,” kata Ketua Umum PSNU Pagar Nusa, Ajengan Mimih Haeruman seperti yanag dikutip Antara, Rabu (1/6).

Selain menjadi badan yang mengawasi dan mencegah kekerasan, Laskar Antikekerasan itu, sebut Ajengan Mimih juga kan menjadi pendamping masyarakat yang menjadi korban kekerasan.

Meski beranggotakan para pendekar silat, Ajengan Mimih meyakinkan bahwa laskar tidak akan menggunakan kekerasan di dalam menjalankan aksinya.

“Kami tidak akan mengerahkan kekuatan fisik, kecuali terpaksa. Laskar ini bergerak dengan penuh cinta, menjunjung nilai kemanusiaan. Ini juga merupakan perwujudan nilai Pancasila,” katanya.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "NU Akan Bentuk Laskar Antikekerasan"