OJK Edukasi 300 Santri Gemar Menabung

0 72


Wihdan Hidayat/Republika

OJK

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaksanakan safari Ramadhan ke Pondok Pesantren Terpadu Ekonomi Islam Multazam, Bogor. OJK memberikan edukasi pentingnya menabung dan mengelola keuangan dengan baik kepada 300 santri.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Kusumaningtuti S. Soetiono mengatakan, edukasi ini sengaja dilakukan di bulan Ramadhan. Pasalnya, pada bulan ini santri diajak menyisihkan uang makan sehari-hari untuk menabung.

"Islam mengajarkan hemat, disiplin, hasilnya bisa sedekah," ujar Kusumaningtuti, di Pondok Pesantren Terpadu Ekonomi Islam Multazam, Rumpin, Bogor, Kamis (9/6). Dia menuturkan, edukasi seperti ini secara bertahap akan dilakukan keseluruh pesantren di Indonesia. Hanya saja tahun ini baru di wilayah Jabodetabek. 

Selain di Pesantren Multazam, safari Ramadhan juga akan dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) As-Syafi'iyah Bekasi, Ponpes Al-Hassan Bekasi, dan hijabers community Jakarta. Kusumaningtuti berharap edukasi ini dapat menambah jumlah penabung usia muda. Dia menegaskan, edukasi seperti ini akan terus menyasar ke pesantren terpencil.

Pengasuh Ponpes Terpadu Ekonomi Islam Multazam, Jamhuri mengapresiasi kegiatan tersebut. Edukasi tersebut cocok dengan pesantren Multazam yang fokus pengembangan ekonomi Islam. "Acara ini sangat berguna bagi santri dan guru," kata Jamhuri.

Dia menuturkan, dengan edukasi ini, pesantrennya mendapatkan langsung dari praktisi keuangan. Selama ini hanya dari akademisi saja. Dia mengharapkan edukasi seperti ini terus dilanjutkan tidak hanya di saat Ramadhan. Sehingga masyarakat memiliki kegemaran untuk menabung.

Hal ini juga memiliki dampak positif kepada anak. Edukasi ini membuat santrinya bisa mengetahui terkait keuangan. "Bisa mempraktekkan, berinteraksi dengan lembaga keuangan," tuturnya. Rahmat Fajar

 

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "OJK Edukasi 300 Santri Gemar Menabung"